Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kulit Semangka Punya Banyak Manfaat, Bisa Tingkatkan Gairah hingga Turunkan Kolesterol

   Kulit Semangka Punya Banyak Manfaat, Bisa Tingkatkan Gairah hingga Turunkan Kolesterol
Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus – Buah semangka terkenal dengan rasanya yang enak dan menyegarkan. Kandungan air dalam buah semangka ini bisa mencapai 92 persen.

Tak heran buah ini jadi santapan favorit saat cuaca sedang panas. Apalagi, harga semangka ini terjangkau dan barangnya mudah dibeli di berbagai tempat.

Selain enak dan menyegarkan, semangka memiliki berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Melansir dari healthline, semangka mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, dan nutrisi penting lainnya.

Semangka tidak hanya daging buahnya saja yang kaya akan manfaat. Layaknya mentimun, kulit semangka dapat dikonsumsi dan sarat akan manfaat yang baik untuk tubuh.

Manfaat pertama dari kulit semangka adalah dapat meningkat libido pria dengan disfungsi ereksi ringan hingga sedang. Ini dikarenakan pada kulit semangka terkandung asam amino citrulline.

Mengutip dari kompas.com, sebuah studi “Oral L-citrulline supplementation improves erection hardness in men with mild erectile dysfunction” menyebutkan, mengonsumsi suplemen L-sitrulin dapat meningkatkan ereksi tanpa adanya potensi efek samping.

Asam amino citrulline selain dapat meningkatkan libido, juga dapat meningkatkan kinerja atletik. Ini disebabkan karena asam amino citrulline dapat melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan peredaran darah sebagai pendistribusi oksigen ke otot.

Kandungan asam amino citrullin pada kulit semangka yang dapat melancarkan peredaran darah dapat membantu seorang yang terkena obesitas agar terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Kulit semangka ternyata adalah sumber serat yang kaya. Dengan sumber serat yang melimpah, pergerakan usus dapat terjaga secara teratur serta mengurangi risiko penyakit usus besar.

Dengan serat yang tinggi, kulit semangka dapat menjadi alternatif untuk dikonsumsi saat diet. Selain itu, serat yang tinggi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

Diet tinggi serat memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti membantu menjaga pergerakan usus secara teratur dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit usus besar.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: kompas.com, healthline.com

 

 

 

 

 

 

Comments
Loading...