Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Yuk, Berkunjung ke Tempat Lahirnya Jenderal Sudirman di Purbalingga, Ini Rutenya

Yuk, Berkunjung ke Tempat Lahirnya Jenderal Sudirman di Purbalingga, Ini Rutenya
Museum Sudirman di Purbalingga (wawasan.co)

MURIANEWS, Kudus – Jenderal Besar TNI Sudirman adalah salah satu Pahlawan Nasional. Jasa Panglima Besar TNI pertama bagi negeri ini teramat besar dan akan selalu dikenang generasi mendatang. Jenderal Sudirman dilahirkan di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah pada 24 Januari 1916 dan wafat pada 29 Januari 1950.

Pada tahun 1976, pemerintah mengalihfungsikan rumah tempat Sudirman dilahirkan menjadi museum. Lokasinya berada Dukuh Rembang, Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalinga. Bagi Anda yang kebetulan sedang berkunjung ke Purbalingga, ada baiknya meluangkan waktu untuk menengik museum ini.

Melansir dari kompas.com (11/01/2022), di museum ini, pengunjung dapat menjumpai rumah masa kecil Jenderal Sudirman yang masih dipertahankan bentuknya. Ada pula berbagai perabotan di dalam rumah, seperti meja, kursi, dan ayunan bayi yang sudah merupakan replika.

Pengunjung pun bisa belajar seputar perjalanan hidup Jenderal Sudirman. Terdapat diorama yang lengkap dengan penjelasan seputar sejarah Jenderal Sudirman.

Baca juga: Padamkan Kebakaran di Pasar Kliwon Kudus, Jalan Jenderal Sudirman Ditutup

Rute Menuju Tempat Lahir Jenderal Sudirman

Dari Alun-alun Purbalingga, jarak tempuhnya adalah kurang-lebih 23,5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Memulai perjalanan dari Alun-alun Purbalingga, pertama harus berkendara ke arah timur di jalan utama sejauh 1,3 km sampai pertigaan Bunderan Bancar.

Kemudian, belok kiri di bundaran itu melalui Jalan Kalikajar. Selanjutnya, ikuti jalan utama sejauh sekitar 17,5 km atau kurang-lebih setengah jam berkendara.

Nantinya, sebelum Pasar Pahing Bedagas terdapat perempatan. Belok kiri di perempatan melalui jalan Raya Bantarbarang yang menurun.

Setelah itu, tinggal ikuti jalan utama menuju Desa Bantarbarang. Museum tempat Lahir Jenderal Sudirman berada dekat Kantor Kecamatan Rembang.

 

 

Penulis: Chambali
Editor: Dani Agus
Sumber : kompas.com

 

 

Comments
Loading...