Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Disdagperin Pati Klaim Tak Tarik Biaya PKL ke Alun-Alun Kembangjoyo

Disdagperin Pati Klaim Tak Tarik Biaya PKL ke Alun-Alun Kembangjoyo
Lapak-lapak di Alun-Alun Kembangjoyo yang akan jadi lokasi pemindahan 360 PKL di GOR Pesantrenan. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Kadisdagperin) Pati Hadi Santosa mengklaim tidak akan menarik biaya kepada para pedagang kaki lima (PKL) yang akan dipindahkan ke Alun-alun Kembangjoyo.

Sebanyak 360 PKL yang dulu menempati zona merah akan dipindahkan ke Alun-alun Kembangjoyo atau Alun-alun Timur. Sebanyak 360 lapak telah disiapkan. Januari ini, rencanya pemindahan dilakukan.

PKL zona merah itu sebelumnya menempati area Simpang Lima, pinggir Jalan Sutomo, Jalan Wahidin, Jalan Pemuda, Jalan Sudirman serta pinggir jalan Tunggul Wulung.

Baca juga: PKL GOR Pesantrenan Pati Bakal Tempati Alun-Alun Kembangjoyo

Para PKL ini telah direlokasi ke di Pusat Wisata Kuliner Tempat Pelelangan Kayu (TPK) belakang GOR Pesantenan. Namun sayang, penjualan mereka menurun drastis sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati membuatkan lapak di Alun-alun Kembangjoyo yang dulunya merupakan Taman Kota Kalidoro.

Pihaknya akan menarik biaya retribusi bila penjualan di sana ramai dan menghasilkan untung bagi PKL. Pemberlakuan ini sama saat PKL dipusatkan di Pusat Wisata Kuliner TPK.

“Kami ndak kenakan uang sewa dan retribusi. Nanti kalau rame bisa kami kenakan retribusi. TPK juga sama ndak kami kenakan uang sewa,” ujar Hadi saat ditemui di ruang kerjanya.

Untuk mengantisipasi adanya calo, pihaknya telah mendata dan sudah mengantongi nama-nama calon PKL di sana dan akan memberikan surat kepada mereka.

“Dan akan berikan surat keterangan yang menempati di situ. Kami mengantisipasi dipindahkan harus itu yang menempati. Calo-calo ndak ada. Kami ada data per NIK dan KK,” tutur Hadi.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...