Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Satlantas Sukoharjo Gratiskan Pembuatan SIM D untuk Difabel

Kasatlantas Polres Sukoharjo saat memberikan bantuan pembuatan SIM D gratis bagi para difabel. (Humas Polres Sukoharjo)

MURIANEWS, Sukoharjo – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukoharjo memberikan bantuan berupa pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) D gratis bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Sukoharjo.

Sedikitnya ada empat penyandang disabilitas yang mengikuti pembuatan SIM D gratis di Kantor Satlantas Polres Sukoharjo, Rabu (12/1/2022).

Keempatnya dinyatakan lulus dan langsung mendapatkan SIM D gratis yang diserahkan langsung oleh Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Heldan Pramoda Wardhana.

“Jadi SIM D gratis ini kita tanggung biaya administrasinya, dimana biaya didapat dari Jumat Berkah dari rekan-rekan anggota Satlantas,” ungkap AKP Heldan dalam siaran persnya, Rabu.

Kasatlantas mengatakan, penyandang disabilitas harus tetap mematuhi aturan berlalu lintas. Misalnya harus punya SIM. Menurutnya, tidak ada perbedaan saat ujian SIM. Hanya saja, para penyandang disabilitas diperkenankan untuk menggunakan kendaraan sendiri yang sudah dirakit.

“Tidak ada perbedaan, cuma kendaraan yang menyesuaikan mereka. Karena memang kan sudah dirakit sesuai dengan kondisi mereka masing-masing,” ucapnya.

Pihaknya juga berjanji akan melakukan pendampingan kepada pemohon SIM dari disabilitas ini. ”Kami dampingi mulai dari tes kesehatan, tes psikology, dan ujian-ujian lainnya hingga SIM jadi,” tambahnya.

“Semoga ini dapat membantu kepada rekan-rekan disabilitas dalam keamanan dan kenyaman berkendara,” tandas Kasatlantas.

Sementara seorang penyandang disabilitas, Sri, mengucapkan terimakasih kepada Satlantas Polres Sukoharjo karena menggelar pembuatan SIM D gratis untuk teman-teman difabel.

“Kami sangat berterimakasih. Ini sangat bermanfaat dan tentunya bisa mendukung teman-teman difabel beraktifitas sehari-hari di jalan,” tuturnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...