Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

‘Percantik’ Stadion Joyokusumo, Pemkab Pati Anggarkan Rp2,3 Miliar

Renovasi
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati berencana kembali mempercantik Stadion Joyokusumo. Pada tahun ini, Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Pati menganggarkan Rp2,3 miliar.(MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati berencana kembali mempercantik Stadion Joyokusumo. Pada tahun ini, Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Pati menganggarkan Rp2,3 miliar.

Anggaran itu dialokasikan untuk pemasangan lampu stadion, setelah sebelumnya telah dilakukan berbagai perbaikan. Pemasangan lampu, diharapkan Stadion Joyokusumo dapat dipakai saat malam hari.

Kabid Cipta Karya pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pati Arief Wahyudi mengungkapkan anggaran untuk pemasangan lampu penerangan itu sebelumnya direncanakan Rp4,5 miliar.

Namun lantaran adanya pendemi Covid-19, alokasi anggaran yangs sudah ada terkena refocusing anggaran. Dari rencana awal, anggaran pengadaan lapangan tersebut akhirnya berubah menjadi Rp2,3 miliar saja.

BACA JUGA: Keren, Lintasan Atletik Stadion Joyokusumo Pati Dibuat Berstandar Internasional
Menurutnya, sebelumnya direncanakan ada empat tiang lampu yang akan dipasang. Dengan tiap tiang rencananya ada 36 lampu merk Panasonic yang standar.

“Tetapi itu dengan rencana anggaran sebelum direfocusing menjadi Rp2,3 miliar. Ya mungkin ada pengurangan jumlah lampunya. Namun rumah-rumah lampu tetap disediakan untuk nanti bisa disusulkan di anggaran berikutnya,” ujar Arief.

Sebelumnya stadion ini hanya bisa dipakai sampai sore hari karena tidak ada lampu penerangan untuk lapangan. Penambahan lampu penerangan ini juga sekaligus memantapkan pembenahan Stadion Joyokusumo. Sebelumnya rumput lapangan dirombak dan diganti dengan rumput sintetis dan pemasangan lintasan atletik di pinggirnya.

Renovasi stadion ini juga upaya persiapan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan Porprov Jawa Tengah. Kabupaten Pati menjadi salah satu tuan rumah bersama lima kabupaten lain di Eks Karesidenan Pati.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Budi erje

Comments
Loading...