Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kulit Semangka Ternyata Bisa Diolah jadi Kimchi lho, Begini Cara Bikinnya

Kulit Semangka Ternyata Bisa Diolah jadi Kimchi lho, Begini Cara Bikinnya
Ilustrasi semangka (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus – Kimchi, salah satu kuliner asal Korea, saat ini mulai digemari masyarakat Indonesia, terutama kalangan kawula muda. Masakan ini umumnya dibuat menggunakan bahan sayuran, seperti sawi, timun atau lobak.

Ada juga yang membuat kimchi dengan bahan dasar kulit semangka. Hanya saja, saat ini belum banyak yang mengetahui. Selama ini, semangka masih dikenal akan buahnya yang enak dan menyegarkan.

Kulit semangka yang berwarna putih dapat dikonsumsi dan memiliki banyak khasiat. Di Eropa, kulit semangka biasa disantap sebagai campuran salad. Salah satu olahan lain dari kulit semangka yang cukup unik adalah diolah menjadi kimchi.

Baca juga: Hadiri Festival Semangka, Bupati Grobogan Kaget Lihat Semangka Raksasa Berbobot 16 Kilogram

Dilansir dari detik.com, cara pembuatan kimchi dari bahan kulit semangka terbilang cukup mudah. Salah satu content creator Tiktok, melalui akunnya yang bernama @psnovi menunjukkan bagaimana cara pembuatannya.

Langkah pertama adalah membersihkan sisa daging semangka dan kupas kulit bagian luar yang berwarna hijau. Saat bagian kulit semangka yang berwarna putih telah bersih, potong dan cuci di bawah air yang mengalir dan bubuhi garam secukupnya.

Setelah itu diamkan selama tiga jam hingga keluar air dari kulit semangka ini. Setelah itu, buang air tersebut dan bilas dengan air bersih.

Setelah bagian putih kulit semangka bersih, potong-potong dan cuci di bawah air mengalir lalu bubuhi garam. Diamkan selama tiga jam hingga keluar air dari kulit semangka ini. Buang airnya lalu bilas dengan air bersih.

Langkah berikutnya campur bumbu seperti jahe yang telah diparut, air perasan lemon, bawang putih, kecap asin, minyak wijen dan saus gochujang. Aduk secara merata bumbu dan kulit semangka, kemudian masukkan ke dalam tempat kedap udara.

Diamkan kimchi kulit semangka ini selama satu hingga dua hari. Hal ini dimaksudkan agar proses fermentasi dapat berlangsung maksimal.

Setelah proses fermentasi selesai, kimchi dapat langsung dimakan. Kimchi kulit semangka dapat dimakan langsung maupun dijadikan sebagai lauk dengan sepiring nasi hangat.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

 

 

 

 

Comments
Loading...