Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Disdikpora Kudus: Perawatan Bangunan Sekolah Bisa Gunakan Dana BOS

Disdikpora Kudus: Perawatan Bangunan Sekolah Bisa Gunakan Dana BOS
Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada saat memberikan keterangan kepada wartawan. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus mengimbau agar pihak sekolah menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk perawatan bangunan di sana.

Pernyataan ini menindaklanjuti peristiwa jatuhnya plafon di ruang kelas SD 6 Terban dan menimpa siswa hingga terluka, belum lama ini.

Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada menegaskan perawatan bangunan sekolah bisa menggunakan dana BOS. Ia pun meminta pihak sekolah lebih proaktif untuk melakukan perawatan pada bangunan sekolah.

Dengan begitu, usia bangunan sekolah pun bisa lebih lama dan kejadian serupa yang menimpa siswa di SD 6 Terban tidak terulang kembali.

Baca juga: Ada Siswa SD Kudus Tertimpa Plafon, Begini Respon Bupati

“Perawatan sekolah itu bisa menggunakan dana BOS, tapi yang sifatnya kecil atau ringan untuk perawatan saja,” kata Harjuna Widada, Rabu (12/1/2022).

Ia mencontohkan, perawatan ringan yang dimaksud tersebut seperti jika ditemukan ada genteng yang pecah bisa diganti terlebih dahulu. Begitu juga jika ada plafon yang mengelupas bisa di rapikan kembali sementara sebelum dilakukan rehab penuh.

“Karena perawatan itu perlu, kalau seperti ada genteng pecah atau bocor itu ya jangan dibiarkan,” ucapnya.

Menurutnya kondisi cuaca penghujan seperti ini, pihak sekolah harus selalu memantau kondisi bangunan sekolah. Terlebih jika ada sekolahan yang berada di lokasi rawan banjir harus tetap waspada.

“Di lokasi yang rawan banjir kami juga minta harus waspada. Seperti dokumen-dokumen penting yang ada di sekolahan harus di selamatkan,” ujarnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...