Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tanah Longsor Timpa Dua Desa di Jepara

Tanah Longsor Timpa Dua Desa di Jepara
Kondisi rumah Sugiantoro, warga Desa Guyangan Kecamatan Bangsri yang longsor. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Bencana tanah longsor terjadi di dua desa di Kabupaten Jepara. Dua desa tersebut yakni, Desa Guyangan, Kecamatan Bangsri dan Desa Plajan, Kecamatan Pakis Aji.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara, Arwin Nor Isdiyanto mengatakan, peristiwa tanah longsor tersebut terjadi pada Selasa (11/1/2022).

Tanah longsor di Desa Guyangan, Kecamatan Bangsi, terjadi di RT 2 RW 9, Dukuh Seberuk. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB, Selasa (11/1/2022).

Baca juga: Tanah Longsor di Pucakwangi Sebabkan Akses Jalan Pati-Blora Lumpuh Sementara

Bencana di Desa Guyangan tersebut menimpa rumah Sugiyantoro, warga setempat. Curah hujan yang tinggi selama beberapa hari belakangan membuat kontruksi pondasi bangunan rumahnya tak kuat menahan air.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun dikhawatirkan apabila curah hujan masih tinggi memungkinkan terjadi longsor lagi. Kerugian ditaksir sebesar Rp 5 juta,” terang Arwin.

Baca juga: Tanah Longsor di Bategede Jepara, Satu Rumah Warga Rusak Berat

Kemudian, di Desa Plajan, Kecamatan Pakis Aji, terjadi di RT 24 RW 4, desa setempat. Bencana tanah longsor itu datang sekitar pukul 20.00 WIB.

Peristiwa itu menimpa rumah Seno, warga setempat. Hujan lebat juga menjadi penyebab terjadinya tanah longsor tersebut.

Arwin menyebut, bagian rumah Seno yang terdampak tanah longsor yaitu dapur dan kamar tidur. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Saat ini material longsor masih berada di dalam rumah. Penghuni rumah berjumlah empat orang masih bertahan menempati rumah tersebut,” pungkas Arwin.

Arwin mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada selama cuaca buruk ini.

 

Reporter: Faqih Mansyur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...