Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ada Siswa SD Kudus Tertimpa Plafon, Begini Respon Bupati

Ada Siswa SD 6 Terban Kudus Tertimpa Plafon, Begini Respon Bupati
Bupati Kudus HM Hartopo saat meninjau sekolah rusak di SDN 6 Terban, Rabu (12/1/2022) (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Seorang siswa SD 6 Terban tertimpa plafon saat kegiatan belajar mengajar. Mengetahui itu, Bupati Kudus HM Hartopo langsung mengunjungi SD 6 Terban di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus pada Rabu (12/1/2022).

Ketika berkunjung ke sana, Hartopo mendapati sejumlah bangunan kelas yang plafonnya berlubang. Bahkan ada kelas dengan plafon berlubang yang masih ditempati anak-anak belajar.

Sementara pada ruangan kelas yang didapati anak tertimpa plafon, tata letak meja siswanya dibuat melingkar, menghindari plafon yang rawan runtuh.

“Ini di sini tidak ada anggaran perawatan dan tidak ada tukang kebunnya. Ini yang jadi permasalahan. Perhatian warga sekolah bangunan sekolahnya kurang,” kata Hartopo.

Baca juga: Duh! Atap Plafon SD 6 Terban Kudus Runtuh, Ada Siswa Terluka

Walau demikian, hal tersebut harusnya tidak masalah, jika, guru di sana lebih perhatian dengan kondisi bangunan sekolahnya. Apalagi kini sedang musim penghujan seperti ini.

“Harus ada inisiatifnya, terutama gurunya lah. Ketika sudah ditemukan adanya rembesan pas musim penghujan seperti ini, harusnya sering kontrol di atas, karena rawan retak plafonnya kalau adan rembesan air,” imbuh dia.

Hartopo berharap guru ikut memberikan perhatian terkait pemeliharaan gedung maupun perawatannya. Karena akan percuma jika dibangunkan kembali namun tidak ada perawatan sama sekali.

“Ketika ada kebocoran coba langsung dinaikin ke atas, kalau ada yang bocor ya ditambal. Plafon ini tidak tahan air, dana BOS kan bisa digunakan untuk ganti-ganti genteng yang bocor bisa, sekolah harus proaktif,” pungkasnya.

Baca juga: SD 6 Terban Kudus Dapat Prioritas Perbaikan di 2022

Diberitakan sebelumnya, atap plafon Kelas 2 SD 6 Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus tiba-tiba runtuh saat kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung, Selasa (11/1/2022) pagi. Insiden itu membuat seseorang siswa terluka akibat tertimpa reruntuhan tersebut.

Dari pantauan MURIANEWS kelas dua tersebut kondisinya sudah cukup memprihatinkan. Banyak atap plafon yang sudah jebol dan dindingnya pun terlihat retak.

Kondisi seperti itu juga terlihat di kelas lain seperti ruang kelas satu, ruang kelas tiga, dan ruang kelas empat, serta teras kelas pun atapnya sudah rapuh.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...