Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Capaian Vaksinasi Covid-19 Kudus Dikebut, Supaya…

Seorang lansia tengah menjalani vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kudus, (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kudus terus dikebut. Pemkab mengejar tercapainya target vaksinasi, agar bisa segera melaksanakan vaksin dosis ketiga atau vaksin booster.

Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, Pemkab Kudus sudah ingin melaksanakan vaksinasi booster. Namun, saat ini pihaknya masih fokus mengejar capaian vaksinasi di sejumlah kategori mencapai 70 persen. Mulai dari kategori lansia hingga kategori anak.

“Saat ini kan belum, makanya vaksinasi di banyak kategori ini terus kami genjot,” kata dia Selasa (11/1/2022).

Ketika nanti telah mencapai target tersebut, maka Pemkab siap untuk melaksanakan vaksinasi booster. Dengan sasaran yang dimungkinkan adalah kategori pelayan masyarakat.

“Kalau masyarakat umum nanti dulu, menunggu petunjuk teknis dari kementerian, termasuk penggunaan vaksinnya untuk booster dari jenis apa kami juga belum tahu,” pungkasnya.

Baca juga: Vaksinasi Kudus: Dosis Satu 57 Persen, Suntikan Kedua 37 Persen

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Andini Aridewi menyampaikan, untuk capaian vaksinasi per 10 Januari kemarin, masih ada kategori lansia dan anak-anak yang belum mencapai 70 persen.

Lebih rinci, lanjut dia, untuk kategori lansia pada dosis pertama baru mencapai 63 persen. Sementara untuk anak mencapai 55 persen di dosis pertama. “Inilah yang terus kami genjot agar capaiannya nanti merata 70 persen di semua kategori,” pungkasnya.

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) sendiri, capaian vaksinasi Covid-19 di Kudus pada dosis pertama telah mencapai 84 persen. Kemudian untuk dosis dua adalah sebesar 64 persen.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...