Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jangan Panik! Ini Dia Tips Aman Naik Pesawat Terbang saat Pandemi

Ilustrasi. (Freepik)

MURIANEWS – Kondisi dan situasi dunia memang berubah semenjak awal tahun 2020 saat pandemi virus corona menyebar. Semua aktivitas dibatasi, mobilitas terbatas dan bertemu orang-orang harus semakin dihindari akibat penularan virus Covid 19.

Akan tetapi, aktivitas tetap harus berjalan termasuk bepergian dengan menggunakan pesawat yang tiketnya bisa Anda pesan melalui https://www.traveloka.com/id-id/tiket-pesawat.

Memang, Anda harus menyesuaikan diri untuk mengubah kebiasaan saat bepergian termasuk ketika menaiki pesawat terbang.

Tidak perlu khawatir, berikut ini ialah beberapa tips aman yang akan melindungi Anda bepergian dengan pesawat terbang.

Gunakan Masker Terbaik

Penggunaan masker saat ini telah menjadi bagian dari keseharian manusia, terutama ketika sedang keluar rumah. Ketika sampai di bandara, tentu Anda akan bertemu dengan banyak penumpang lainnya. Agar risiko penularan virus menjadi lebih rendah, maka Anda harus mengenakan masker terbaik.

Begitupun saat Anda sudah naik pesawat, penularan di dalam pesawat yang merupakan ruangan tertutup lebih tinggi terlebih dengan penggunaan pendingin ruangan. Apa tipe atau jenis masker terbaik yang bisa Anda gunakan?

Anda bisa menggunakan masker N95, KN95, atau masker medis yang dilapisi dengan masker kain di luarnya (double masker).

Pastikan Anda tidak mencopot masker selama dalam pesawat. Menggunakan face shield juga bisa Anda lakukan demi menciptakan perjalanan yang lebih aman dan nyaman.

Sering Membersihkan Tangan

Penularan virus juga dapat terjadi melalui tangan yang memegang berbagai benda kemudian memegang wajah. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa tangan Anda selalu bersih dengan cara sering mencucinya.

Apabila Anda menemukan tempat cuci tangan dengan air mengalir, maka Anda bisa mencuci tangan dengan lebih bersih.

Namun, apabila Anda tidak menemukannya dan harus membersihkan tangan dengan segera, gunakanlah hand sanitizer. Anda juga bisa membersihkan tangan dengan menggunakan tisu basah yang mengandung antiseptik.

Buat Rencana Bepergian ke Bandara

Untuk menuju ke bandara, Anda juga harus memperhatikan terkait kendaraan yang akan Anda gunakan untuk mencapai Bandara. Menggunakan transportasi umum memang menjadi pilihan banyak orang karena cepat, praktis terlebih apabila Anda memang tidak ada yang mengantar ke Bandara.

Dalam menaiki transportasi umum ke bandara, Anda juga harus memperhatikan protokol kesehatan. Bagi Anda yang berada di Jakarta dan hendak pergi ke BANDARA Soekarno Hatta, Anda bisa menggunakan kereta Bandara.

Menggunakan kereta ini memiliki banyak keunggulan seperti lebih cepat, lebih bersih dan pastinya Anda bisa menjaga jarak dengan penumpang lainnya.

Tidak perlu bingung berganti transportasi umum, Anda bisa langsung sampai ke Bandara dan menuju terminal tujuan. Pesanlah tiket secara online sehingga Anda tidak perlu lagi untuk memesan tiket secara langsung dan membuat semuanya menjadi lebih praktis.

Hindari Makan dan Minum di Tempat yang Ramai

Karena pandemi sudah berlangsung sejak lama, maka beberapa maskapai penerbangan tidak menyediakan makanan selama perjalanan, terutama untuk penerbangan jarak pendek. Namun, apabila memang maskapai yang Anda pilih menyediakan makanan berat, maka lebih baik Anda menghindari makan di tempat ramai.

Hal ini karena ketika makan, Anda harus melepaskan masker. Oleh karena itu, sebaiknya Anda telah mempersiapkan diri dengan telah makan sebelumnya di rumah.

Namun, bila Anda memang sangat lapar dan menginginkan untuk makan di pesawat atau tempat ramai lainnya, maka pastikan Anda makan dengan cepat. Setelah makan selesai, maka Anda harus segera kembali mengenakan masker.

Menjaga Kesehatan

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa daya tubuh yang lemah membuat tubuh lebih mudah untuk terserang virus. Oleh karenanya, demi mendapatkan perjalanan yang aman Anda harus menjaga kesehatan sebelum bepergian.

Konsumsi vitamin yang cukup agar daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang virus. Tidak hanya untuk bepergian, tentunya menjaga kesehatan tentu sangat baik untuk jangka panjang.

Pilihlah Maskapai dan Jadwal Penerbangan yang Tepat

Apabila memang Anda belum nyaman untuk berdekatan dengan orang lain di dalam pesawat, maka pilihlah maskapai yang memiliki kebijakan ketat terkait protokol kesehatan. Anda bisa mencari tahu kebijakan setiap maskapai terkait dengan penerbangan termasuk jumlah penumpang dan apakah terdapat pembatasan jarak.

Anda juga bisa terbang di waktu yang tidak sibuk, seperti penerbangan pertama atau penerbangan terakhir.

Pada umumnya, penerbangan pada jam ini tidak terlalu ramai sehingga pesawat tidak terlalu penuh.

Perhatikan Ketentuan Terbang

Ketika melakukan penerbangan saat pandemi, memang Anda harus melalui beberapa pemeriksaan dokumen.

Sebelum terbang, Anda perlu mencari tahu bagaimana syarat dan ketentuan untuk naik pesawat di kala pandemi ini. Hal ini untuk membuat Anda bisa langsung melakukan pemeriksaan dan tidak berlama-lama untuk berkerumun.

Untuk mempercepat proses pemeriksaan dokumen, Anda bisa membeli tiket pesawat melalui online. Dengan menggunakan tiket online, Anda bahkan juga tidak perlu untuk mencetak tiket pesawat. Sehingga, dokumen lainnya yang perlu Anda perlihatkan ke petugas tidak akan bercampur.

Anda perlu memesan tiket secara online melalui platform yang terpercaya, seperti Traveloka. Traveloka akan memberikan informasi terkini terkait dengan penerbangan saat pandemi.

Melakukan pemesanan tiket secara online juga membuat Anda tidak terlalu sering bertemu dengan orang lain. Perhatikan berbagai hal diatas untuk membuat penerbangan menjadi lebih aman dan nyaman saat pandemi. (NAC)

Comments
Loading...