Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

KPK Telaah Laporan Dugaan TPPU yang Menyeret Dua Anak Jokowi

Ilustrasi KPK. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima laporan dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menyeret dua anak presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pengarep.

Laporan itu dilayangkan oleh Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun yang juga aktivis 98 pada Senin (10/1/2022).

“Terkait laporan tersebut, informasi yang kami terima, benar hari ini (kemarin) telah diterima Bagian Persuratan KPK,” ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri dilansir dari Kompas.com, Selasa (11/1/2022).

Baca: Dua Anak Presiden Jokowi Dilaporkan ke KPK

Kendati sudah ada laporan, KPK tidak serta merta melakukan pemeriksaan terhadap terduga atau terlapor. Akan tetapi KPK terlebih dahulu akan melakukan verifikasi dan telaah terhadap data laporan itu.

Verifikasi itu, lanjutnya, untuk menghasilkan rekomendasi apakah aduan tersebut layak untuk ditindaklanjuti dengan proses telaah atau kemudian diarsipkan.

Baca: Dua Anak Jokowi Dilaporkan ke KPK, Ini Alasannya

“Proses verifikasi dan telaah penting sebagai pintu awal apakah pokok aduan tersebut, sesuai undang-undang yang berlaku, termasuk ranah tindak pidana korupsi dan menjadi kewenangan KPK atau tidak,” ucap Ali.

Apabila memang memenuhi unsur, maka KPK juga akan melakukan pengumpulan data pemdukung untuk melengkapi laporan yang menyeret Gibran dan Kaesang tersebut.

Baca: Dua Anak Jokowi Dilaporkan ke KPK, Ini Kata Gibran

“KPK juga secara proaktif akan menelusuri dan melakukan pengumpulan berbagai keterangan dan informasi tambahan untuk melengkapi aduan yang dilaporkan,” ujarnya. 

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.