Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

38 Anak ‘Bertalenta Khusus’ Ramaikan Kirab Obor PeSONaS

PeSONas
Atlet ‘bertalenta khusus’ meramaikan kirab Obor Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) di Stadion Joyokusumo, Pati,  Selasa (11/1/2022). Kegiatan ini merupakan rangkaian awal PeSONas Jawa Tengah. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 38 anak ‘bertalenta khusus’ meramaikan kirab Obor Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) di Stadion Joyokusumo, Selasa (11/1/2022). Kegiatan ini merupakan rangkaian awal PeSONas Jawa Tengah.

Ratna, salah satu anggota panitia pelaksana PeSONas Jawa Tengah mengatakan, pihaknya mengajak puluhan anak bertalenta khusus untuk mengikuti lomba olahraga atletik.

Hasil dari lomba ini nantinya akan dijadikan bahan untuk persiapan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Jawa Tengah yang akan diselenggarakan bulan Juli mendatang. Para pemenang juga akan dijaring untuk menjadi Perwakilan Pati di PeSONas Jawa Tengah.

“Sebanyak 38 anak bertalenta khusus mengikuti sejumlah olahraga atletik. Kegiatan ini merupakan kelanjutan tibanya obor PeSONas di Pati. Harapannya kita menemukan bibit unggul di Pati ketika Porseni tanggal 5 Juli nanti,” kata Ratna, Selasa (11/1/2022).

Cabang lomba yang dilombakan adalah lomba estafet memindahkan buah rambutan, lomba kerjasama memasukkan benda ke dalam botol, dan lomba kerjasama orang tua dan pengurus sekolah SLB.

BACA JUGA: Penyalaan Obor di Mrapen Tandai Peluncuran PeSONas 2022

Lomba olahraga atletik dapat menekankan kerja sama saling mendukung antara sesama golongan disabilitas maupun dan antara anak dan orang tua.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kabupaten Pati Rekso Suhartono menambahkan rangkaian kegitan kirab obor PeSONas sudah dilaksanakan sejak tanggal 9 Januari, dan akan berlangsung hingga 14 Januari mendatang.

Selain lomba atletik juga digelar kegiatan pameran kain batik, permainan kelompok dan ekspresi seni budaya.

“Ada beberapa kegiatan yang kita fasilitasi. (Kirab obor) di 10 kota outbond di Koperwil Provinsi. Untuk pelepasan di Pati hari Jumat,” Kata Rekso.

Api obor yang berasal dari api Merapen, Grobogan ini singgah di Kabupaten Pati pada pekan ini. Setelah sebelumnya berada di Kabupaten Rembang. Setelah dari Pati, nantinya api obor PeSONas akan singgah di Jepara.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Budi erje

Comments
Loading...