Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bayi Anda Mengalami Gangguan Kulit? Coba Atasi dengan Minyak Kelapa

Bayi Anda Mengalami Gangguan Kulit? Coba Atasi dengan Minyak Kelapa
Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus – Minyak kelapa memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, sebagai bahan masakan, perawatan kecantikan dan lainnya. Tidak hanya itu, minyak kelapa bahkan juga berkhasiat untuk kesehatan dan perawatan kulit bayi.

Melansir dari National Eczema, minyak ini dapat menembus kulit secara cepat untuk meningkatkan kelembapan kulit, meningkatkan elastisitas kulit, melawan rasa gatal karena eskim, dan mengurangi infeksi.

Selanjutnya minyak kelapa dikenal aktif untuk mereduksi bakteri jamur dan virus. Minyak kelapa turut bermanfaat sebagai antiradang untuk melindungi kulit bayi.

Baca juga:Ini Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

Mengutip dari hallosehat.com, pengolesan minyak ini secara berkala selama delapan minggu dapat meningkatkan hidrasi kulit anak dan bayi yang baru lahir. Hal ini bermanfaat untuk kulit bayi baru lahir yang menderita eskim atau dermatitis atopik.

Selain itu, minyak kelapa dapat untuk mengatasi dermatitis seboroik atau cradle cap pada kulit kepala bayi. Penyakit ini dikarenakan adanya jamur yang pada orang dewasa muncul dalam bentuk ketombe. Oleh karena itu, minyak kelapa menjadi antijamur yang dapat mengobati dermatitis seboroik pada bayi.

Bayi pastinya juga memakai popok, dan hampir seluruhnya pernah mengalami ruam popok. Untuk mengatasinya, dapat mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang terkena ruam popok.

Penelitian oleh International Journal of Molecular Sciences menyebutkan, minyak kelapa bersifat mempercepat penyembuhan luka. Ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati ruam popok pada bayi dan untuk mengurangi gatal dan iritasi.

Kulit bayi yang lebih rentan akan memerah, meradang dan membengkak saat tergigit oleh serangga. Akibat gigitan itu akan terasa panas atau gatal, untuk mengatasinya dapat mengoleskan minyak kelapa di bagian yang tergigit serangga.

Setelah dioleskan, diamkan untuk beberapa saat. Ulangi beberapa kali hingga kulit tampak sembuh seperti biasa.

Mengutip dari Harvard T.H Chan, minyak kelapa mengandung asam lemak jenis medium-chain fatty acids (MCFA) dalam jumlah banyak. Asam lemak jenis ini bersifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu penumpukan sebum dari folikel rambut.

Untuk menjaga kesehatan rambut, selain mengandung MCFA, minyak kelapa juga mengandung Vitamin E dan K. Kedua vitamin ini berguna sebagai perangsang akar rambut untuk lebih kuat dan lebih cepat tumbuh.

Manfaat minyak kelapa akan lebih terasa untuk bayi dapat digunakan dengan cara mengoleskan ke kulit kepala setelah mandi. Selanjutnya pijat dengan lembut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: hsph.harvard.edu, nationaleczema.org, mdpi.com,hellosehat.com

 

Comments
Loading...