Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pembuatan KIA di Kudus Lampaui Target Nasional

Pembuatan KIA di Kudus Lampaui Target Nasional
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Eko Hari DJatmiko saat memantau perekaman KIA, Senin (10/1/2022). (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Kudus berhasil melampaui target Pemerintah pusat di 2021. Capaiannya sendiri adalah sebesar 60,55 persen, sementara target nasional adalah 30 persen.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Eko Hari Djatmiko menyampaikan, selama 2021 pihaknya berhasil melakukan perekaman KIA pada 138,351 anak. Sedangkan jumlah anak yang wajib ber-KIA sendiri adalah sebanyak 228.492 anak.

“Jumlah capaian tersebut juga meningkat dari tahun sebelumnya. Saat itu juga melebihi target nasional,” kata Eko di sela pemantauan perekaman KIA, Senin (10/1/2022).

Eko mengatakan, salah satu cara agar capaian tersebut bisa maksimal adalah dengan menjemput bola. Dinas Dukcapil, kata dia, selama ini getol melakukan perekaman di luar kantor.

Baca juga: Dukcapil Kudus Pastikan Blangko untuk KIA Aman

Pihaknya, juga turut bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus untuk melakukan perekaman di sekolah-sekolah.

“Kadang kami berkunjung ke sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman,” imbuhnya.

Eko menambahkan, di 2022 ini dimungkinkan jumlah perekamannya meningkat. Warga yang ingin melakukan pembuatan KIA bisa melalui aplikasi online PAKSEMOK milik Disdukcapil Kudus.

Blangko untuk KIA di Disdukcapil Kudus sendiri juga dipastikan tersedia, sehingga bisa segera terlayani tanpa menunggu berhari-hari.

“Karena pembuatan KIA tidak butuh perekaman ya, cukup KK, KTP 2 orang tua, dan akte kelahiran saja. Bagi yang berusia 5 tahun ke atas melampirkan foto 4×6 itu saja,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...