Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

METRO JATIM

Polda Jatim Bentuk Tim Buru Penendang Sesajen di Gunung Semeru

Ilustrasi Polisi (Beritasatu.com)

MURIANEWS, Surabaya – Polda Jatim turun tangan menyikapi video viral seorang pria membuang dan menendang sesajen di Gunung Semeru. Tak tanggung-tanggung, Polda bahkan membentuk tim khusus untuk memburu pria dalam video berdurasi 30 detik tersebut.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan, tim yang dibentuk saat ini sudah bekerja. Mereka masih menggali informasi terkait keberadaan pelaku.

Baca: Geger Seorang Pria Tendang Sesajen di Lokasi Erupsi Semeru, Kini Diburu Polisi

“Itu kita sudah bentuk tim untuk melakukan pencarian terhadap pelaku tersebut,” katanya seperti dikutip Detik.com, Senin (10/1/2022).

Gatot mengatakan, apa yang dilakukan pelaku cukup mengganggu ketenangan masyarakat. Karena, situasi di Semeru pascaerupsi kini sudah damai dan membaik.

Untuk itu, Gatot mengatakan pihaknya akan turun langsung dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Hal ini agar, situasi kamtibmas di Semetu bisa terus terjaga.

Baca: Viral Pria Tendang Sesajen di Lokasi Erupsi Gunung Semeru, Begini Kata Gus Miftah

“Kita juga memberi imbauan untuk edukasi kepada masyarakat. Karena kan selama ini Lumajang sudah mulai damai, mulai aman, mulai bagus. Jangan sampai dirusak dengan adanya video-video yang mengandung SARA dan kita harus menghormati kearifan lokal daerah situ,” imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati Lumajang Thoriqul Haq telah meminta polisi, relawan, dan semua pihak untuk mencari pria tersebut. Thoriq ingin pria itu mengklarifikasi perbuatannya.

“Saya minta semua teman-teman, baik aparat maupun relawan di sana untuk mencari, dari mana orang itu, atau identitasnya siapa itu, dari kelompok mana itu. Saya minta segera untuk dicari, dan saya minta harus untuk pelaku mengklarifikasi supaya ini tidak mengganggu kami yang ada di Lumajang saat ini damai,” ujar Thoriq, Minggu (9/1/2022).

Baca: Viral Video Pria Tendang Sesajen, Kemenag Lumajang Bilang Aksi Tak Beradab

Tak hanya bupati, aksi tersebut juga memunculkan reaksi dari Kementerian Agama (Kemenag) Lumajang. Bahkan Kepala kemenag, Muhammad Muslim meyebut aksi tersebut tidak beradab.

“Sebagai perwakilan dari Kementerian Agama, terus terang saya merasa kaget dengan peristiwa ini dan sangat menyayangkan. Karena itu adalah tindakan yang kurang beradab,” kata Muslim.

Sebagai seorang muslim, pihaknya juga paham betul bagaimana tata cata berdakwah dengan baik. apalagi multikulturalisme di indonesia ini sangat kuat, sehingga tidak bisa memaksakan kehendak sendiri.

“Islam menganjurkan kita berdakwah dengan baik, tidak kemudian merusak apa yang menjadi keyakinan orang lain. Dakwah disampaikan dengan baik, jangan menyakiti perasaan orang lain,” terangnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...