Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Kudus Tak Anggarkan Bantuan Perbaikan RTLH di 2022

Kudus Tak Anggarkan Bantuan Perbaikan RTLH di 2022
Rumah tak layak huni di Dusun Ngelo Rt 3/ Rw 3, Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pemkab Kudus tak menganggarkan program bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) di 2022. Itu diungkapkan Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kudus, Rofiatun.

“Kalau untuk saat ini di 2022 saya pastikan tidak ada. Karena kami tidak ada anggaran,” katanya, Senin (10/1/2022).

Padahal, sebelumnya diberitakan ada rumah ‘gubuk’ di Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Rumah tak layak huni itu ditempati Syarif dan istrinya serta tiga anaknya.

Baca juga: Ada Warga Tinggal di Rumah ‘Gubuk’, Bupati Kudus: RT Harus Aktif

Rofiatun mengatakan pihaknya mengupayakan anggaran untuk program bantuan perbaikan RTLH di APBD perubahan 2022 nanti. Meski begitu, ia tak bisa memastikan usulannya bisa diterima.

“Ke depan kami akan mengupayakan untuk tetap mengusulkan di anggaran perubahan 2022. Tetapi ya belum tahu juga. Yang jelas di penetapan APBD 2022 kami memastikan tidak ada anggaran untuk RTLH,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, pada 2021 ada anggaran untuk perbaikan RTLH sekitar Rp 750 juta untuk 50 RTLH. Sementara pada APBD Perubahan ada lima RTLH dengan masing-masing rumah Rp 15 juta.

“Kalau yang tahun lalu ada 55 rumah. Dan jumlah tersebut keseluruhannya sudah diperbaiki semua,” terangnya.

Disebutkan dia, penanganan RTLH sebenarnya tidak hanya bersumber dari APBD. Pos anggaran itu juga bisa didapatkan melalui APBN.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...