Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dua Anak Jokowi Dilaporkan ke KPK, Ini Alasannya

Gibran saat bersama dengan kaesang (Foto: Kompas.com)

MURIANEWS, Jakarta- Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun melaporkan dua anak Presiden Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep ke KPK. Diduga keduanya melakukan korupsi atau tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam penyertaan modal ventura.

Sementara alasan Ubedilah badrun melaporkan Gibran dan kaesang itu terkait peristiwa pada 2015 lalu. Saat itu, PT Bumi Mekar hijau yang merupakan anak perusahaan dari PT Sinar Mas (SM) dituntut kementerian Linkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk ganti rugi 7,9 triliun atas kasus kebakaran hutan di Sumatera Selatan.

Namun, pada 2019 Mahkamah Agung (MA) hanya mengabulkan tuntutan senilai Rp 78 miliar kepada PT SM.  Pada saat itu, Kaesang dan Gibran membuat perusahaan gabungan dengan anak petinggi PT SM.

Baca: Dua Anak Presiden Jokowi Dilaporkan ke KPK

Tak lama setelah itu, PT SM mendapatkan suntikan dan penyertaan modal dari perusahaan Ventura.

“Dua kali diberikan kucuran dana. Angkanya kurang lebih Rp 99,3 miliar dalam waktu yang dekat. Dan setelah itu kemudian anak presiden membeli saham di sebuah perusahaan yang angkanya juga cukup fantastis Rp 92 miliar,” ujar Ubedilah dilansir dari Kompas.com, Senin (10/1/2022).

Dengan adanya penyertaan modal yang cukup besar tersebut, Ubedilah pun merasa curiga. Apalagi saat itu keduanya masih cukup muda dan baru mendirikan perusahaan.

Dalam laporan ke KPK tersebut, Ubedilah mengaku membawa bukti-bukti data perusahaan serta pemberitaan terkait adanya pemberian penyertaan modal dari Ventura.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor : Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.