Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Sekeluarga di Jepara Terjangkit DBD, Satu Anak Meninggal Dunia

Sekeluarga di Jepara Terjangkit DBD, Satu Anak Meninggal Dunia
Petugas melakukan fooging di rumah keluarga yang terjangkit DBD. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Satu keluarga di Kabupaten Jepara dilaporkan terjangkit Demam Bedarah Dengue (DBD). Bahkan, seorang anak di keluarga itu telah meninggal dunia akibat DBD.

Kasus DBD yang mengkhawatirkan ini dibenarkan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, Eko Cahyo Puspeno, Jumat (7/1/2022).

Eko mengatakan dalam satu keluarga itu terdapat lima orang yang terjangkit DPD. Keluarga tersebut tinggal di Kecamatan Welahan.

“Itu malah satu rumah. Yang sakit itu bapak, ibu dan tiga anak. Yang meninggal yang mbarep (anak pertama, red). Usianya 11 tahun,” terang Eko.

Baca juga: 175 Kasus DBD Terjadi di Kudus Selama 2021, Tiga di Antaranya Meninggal

Ia mengatakan dua anak lainnya saat ini masih dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU) di salah satu rumah sakit di Kabupaten Kudus. Dari keterangan sang ayah anak yang meninggal itu, Eko menyampaikan sebelumnya sudah dilakukan pemeriksaan di salah satu klinik. Kemudian dirujuk ke rumah sakit di Kudus.

“Sebenarnya sudah berobat, diperiksa laborat dan dirawat. Tapi mungkin, karena DBD yang jenisnya ganas. Terus kemudian makin memburuk. Dia sebenarnya butuh tranfusi plasma waktu itu. Mencari donor agak kesulitan. Donor dari darahnya bapaknya itu katanya masih kurang, intinya seperti itu,” jelas Eko.

Belum lama ini, kata Eko, terjadi juga kasus DBD pada seorang anak berusia tujuh tahun di Desa Menganti, Kecamatan Kedung, Jepara. Bahkan nyawa anak tersebut tidak bisa tertolong.

“Kemarin ada lagi, yang meninggal itu di Desa Menganti. Usianya tujuh tahun,” ungkap Eko.

Setelah adanya kasus tersebut, hari ini dilakukan fogging di rumah keluarga yang terjangkit DBD.  Fogging juga juga dilakukan melebar di sekitaran lingkungan rumah tersebut.

 

 

Reporter: Faqih Mansyur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...