Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Viral Rombongan Jokowi Beri Jalan ke Ambulans di Grobogan, Begini Aturannya

Viral Rombongan Jokowi Beri Jalan ke Ambulans di Grobogan, Begini Aturannya
Tangkapan layar video viral yang memperlihatkan rombongan Presiden memberi jalan kepada ambulans di wilayah Kecamatan Tawangharjo, Grobogan, Rabu (5/1/2022). (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Grobogan – Video iring-iringan Presiden Jokowi memberikan kesempatan bagi ambulans dengan pasien darurat di Grobogan viral di media sosial, Rabu (5/1/2022). Lalu sebenarnya, bagaimanakah aturan prioritas saat di jalan raya?

Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 134, kendaraan Pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia memang berada di urutan keempat. Lantas bagaimana urutan prioritasnya? Simak ulasannya sebagai berikut.

Pertama, kendaraan pemadam kebarakan yang sedang melaksanakan tugas.

Kedua, ambulans yang mengangkut pasien berada.

Ketiga, kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas.

Keempat, kendaraan iring-iringan atau rombongan pimpinan lembaga negara RI. Di dalamnya termasuk, Presiden RI, Menteri, Anggota DPR RI, dan lainnya.

Kelima, kendaraan pimpinan dan pejabat negara dari negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara.

Keenam, iring-iringan pengantar jenazah.

Ketujuh, kendaraan yang diprioritaskan di jalan raya yakni konvoi dan atau kendaraan kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas kepolisian.

Baca juga: Viral, Rombongan Jokowi Beri Jalan ke Ambulans di Grobogan Tuai Pujian

Kasatlantas Polres Grobogan AKP Sri Murtini menanggapi video viral iring-iringan Presiden memberi jalan bagi Ambulans itu sudah sesuai prosedurnya. Yakni, mendahulukan yang lebih kritis saat berada di jalan.

“Selain memberikan misi pengamanan dan pengawalan, kami memang mengutamakan misi keselamatan atau kemanusiaan. Pasien yang berada dalam ambulans itu memang harus segera mendapat penanganan di rumah sakit rujukan,” ujar AKP Martini.

Seperti diketahui, video viral di aplikasi perpesanan Whatsapp hingga media sosial memperlihatkan iring-iringan Presiden Jokowi memberikan jalan kepada ambulans. Ambulans yang dikemudikan Septian itu membawa pasien kritis dari RSUD Ki Ageng Selo Wirosari menuju RS Panti Rahayu “Yakkum” Purwodadi.

 

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...