Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Jokowi Resmikan Bendungan Randugunting Blora

Jokowi Resmikan Bendungan Randugunting Blora
Presiden Jokowi Menandatangani Prasasti sebagai simbol diresmikannya Bendungan Randugunting Blora, Rabu (5/1/2022). (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan Bendungan Randugunting di Kecamatan Japah, Blora, Rabu (05/01/2022). Peresmian itu, Jokowi didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Turut mendampingi Jokowi, Bupati Blora Arif Rohman, dan Wabup Blora Tri Yuli Setyowati. Selain itu, peresemian tersebut dihadiri Bupati Pati Haryanto, dan Bupati Rembang Abdul Hafidz.

Peresemian ditandai dengan penandatanganan prasasti Bendungan Randugunting. Sebelumnya, Jokowi lebih dulu melepas ratusan ikan nila di dermaga bendungan yang telah disiapkan.

Baca juga: Senangnya Khanza Dapat Sepeda Jokowi Usai Jawab Pertanyaan Ini

Selain itu, Jokowi dan rombongan sempat berkeliling menggunakan perahu dan menanam pohon di Bendungan Randugunting sebelum peresmian. Presiden juga berkesempatan melakukan dialog bersama perwakilan petani yang akan mendapatkan manfaat dari keberadaan Bendungan Randugunting.

Tidak hanya Bendungan Randugunting, di lokasi yang sama Presiden juga menandatangani prasasti peresmian Embung Kedungsambi yang berada di Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo.

“Alhamdulillah hari ini kami bisa hadir ke Blora lagi. Bendungan ini bisa segera dimanfaatkan. Bendungan ini memiliki kapasitas tampung air sekitar 14,4 juta meter kubik dan bisa mengairi kurang lebih 650 hektar sawah yang berada di Kabupaten Blora, Pati dan Rembang,” Kata Jokowi.

Presiden berharap dengan selesainya waduk Randugunting di Kabupaten Blora ini ketahanan pangan kita akan semakin baik, kemandirian pangan kita semakin baik.

“Kunci dari ketahanan pangan adalah air. Dan air itu akan ada kalau kita memiliki waduk yang sebanyak-banyaknya,” kata Presiden Jokowi.

Tak hanya itu keberadaan Bendungan Randugunting ini nanti juga bisa menjadi tempat pariwisata yang sangat baik bagi Kabupaten Blora dan masyarakat di sekitar Kabupaten Blora.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirohhim waduk Randugunting di Kabupaten Blora, Prov Jawa Tengah pada siang hari ini saya nyatakan diresmikan,” lanjut Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR, Gubernur, dan Bupati Blora.

 

Kontributor Blora
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...