Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Lembaga di Amerika Prediksi Kasus Omicron di Indonesia Tembus 300 Ribu Per Hari

Lembaga di Amerika Prediksi Kasus Omicron di Indonesia Tembus 300 Ribu Per Hari
Ilustrasi Covid19 Omicron. (MURIANEWS)

MURIANEWS, Jakarta- Lembaga penelitian kesehatan global dari Amerika Serikat, Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME), memprediksi bakal terjadi lonjakan kasus covid-19 varian Omicron di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, infeksi covid-19 jenis Omicron ini bisa tembus 300 ribu kasus per hari.

Lonjakan kasus itu diprediksi puncaknya bakal terjadi pada April tahun ini.

Dilansir dari detik.com, IHME memberikan proyeksi secara bertahap terkait prediksi melonjaknya kasus Omicron. Pertama adalah pada akkhir Januari, Omicron diprediksi bakal tembus 20 ribu kasus per hari. Kemudian pada awal fabruari terus melonjak menjadi 59 ribu kasus per hari.

Baca: Gempar Varian Baru Covid-19 Setelah Omicron

Selanjutnya pada April mendatang diprediksi bakal menyentuh 387 ribu kasus per hari.

Sementara skenario usai vaksinasi booster berjalan, angka infeksi Covid-19 harian berada di angka 289 ribu kasus per April 2022.

Baca; Kasus Omicron di Indonesia Meroket

Kemudian apabila ditambah dengan kedisiplinan 80 persen dari populasi memakai masker, proyeksi infeksi Covid-19 harian dimungkinkan bisa lebih rendah lagi.

Prediksi IHME menunjukkan peningkatan kasus Covid-19 yang sangat tinggi tak berpengaruh pada total kematian yang dilaporkan. Misalnya di akhir Januari hingga Februari, angka kematian konsisten di dua hingga kurang dari 10 orang yang meninggal karena Covid-19.

Baca: Kandungan Empat Protein Vaksin Merah Putih Disebut Mampu Menetralisir Omicron

 

Penulis : Cholis Anwar
Editor : Cholis Anwar
Sumber : Detik.com

Comments
Loading...