Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Di Kudus Masih Ada Rumah ‘Gubuk’

Di Kudus Masih Ada Rumah 'Gubuk'
Kondisi rumah ‘gubuk’ di Dusun Ngelo Rt 3/ Rw 3, Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Di Kabupaten Kudus, ternyata masih ditemukan rumah ‘gubuk’ yang ditinggali satu keluarga. Rumah itu ada di Dusun Ngelo Rt3/Rw3 Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus.

Selain masih beralaskan tanah dan berdinding anyam bambu, rumah itu hanya memiliki luas sekitar 3,5 meter x 5 meter. Rumah tersebut diketahui dihuni Syarif (35) dan istrinya, Anita (30) beserta tiga anaknya.

Rumah tersebut juga hanya memiliki satu kamar, kemudian dapur hingga kamar mandi pun jadi satu dilingkup rumah yang tak begitu luas itu.

“Dapur dan kamar mandi ya jadi satu di rumah ini, (bersebelahan,red),” ucap Anita si pemilik Rumah.

Sehari-hari suami Anita bekerja sebagai kuli bangunan di Kudus. Sementara, dirinya hanya seorang buruh harian lepas yang membantu perkerjaan menjahit.

Baca juga: Targetkan 10 Ribu Baru, Program Rehab RTLH Jepara Baru Terealisasi Empat Ribu

“Kalau saya menjahit garapan tas, satu dosennya 40 ribu, satu pekan itu dikasih empat dosen. Jadi sekitar Rp 160 ribu, kadang juga lebih,” ucapnya.

Sebelumnya, sempat berhembus kabar, jika keluarga itu belum pernah meneriima bantuan apapun dari pemerintah. Namun, Anita membantah kabar tersebut.

Anita mengatakan, keluarganya telah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) ataupun Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Selama ini sudah dapat bantuan BLT sama BST. BLT itu sudah dapat sekitat 11 bulan, kalau BST dua bulanan,” ungkapnya.

Pihaknya sangat berharap agar perekonomian keluarganya kedepan bisa semakin baik dan memliki rumah yang lebih layak.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.