Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

INFO JATIM

Kandungan Empat Protein Vaksin Merah Putih Disebut Mampu Menetralisir Omicron

Kandungan Empat Protein Vaksin Merah Putih Disebut Mampu Netralisir Omicron
Beredar pesan berantai whatsapp yang menyebut bahwa di Kabupaten Kudus kembali muncul kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus. Dari pesan yang beredar, disebutkan ada dua kasus Covid-19. Benarkah? (Foto: DinkesKalbar)

MURIANEWS, Surabaya- Vaksin merah putih buatan Universitas Airlangga (Unair) rupanya mempunyai empat kandungan protein yang mampu menetralisir virus covid-19 varian baru Omicron.

Ketua Peneliti Vaksin Merah-Putih, Prof Dr drh Fedik Abdul Rantam mengatakan 4 protein tersebut spike, Receptor Binding Domain (RBD), nukleoprotein dan membran protein. Semuanya merupakan antibodi yang bisa menetralisir Covid varian baru Omicron.

Baca: Warga Surabaya Ini Terdeteksi Omicron Usai Liburan ke Bali

“Kami masih percaya vaksin yang kita desain bisa menetralisir itu (Omicron). Karena di dalamnya ada empat protein. Sehingga kami tidak khawatir dengan Omicron ini,” kata Fedik seperti dilansir dari detik.com, Selasa (4/1/2022).

Dia menyebut saat ini, virus Corona terus mengalami mutasi sehingga memunculkan beberapa varian. Salah satunya Omicron yang mutasinya ke arah berat dan ringan.

Baca: Mau Travelling Aman di Tengah Ancaman Omicron? Simak Tipsnya

“Dari sisi ini saja kalau kita lihat ke belakang, evolusi itu kebanyakan dari daerah hipervariabel. Di mana gen ini mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, sehingga bisa menginfeksi,” jelasnya.

Menurutnya, Omicron ini juga menyebar banyak ka negera persemakmuran, termasuk Afrika Selatan, Bangladesh, Libia, hingga Singapura.

Baca: Waspada! Kasus Omicron di Indonesia Nambah Lagi

“Jadi karena sudah kami lakukan uji tantang dengan Delta dan B1 aman, ini (Omicron) bisa lebih aman. Vaksin tidak mencegah virusnya masuk, tidak. Tapi vaksin memproduksi antibodi,” tandasnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor : Cholis Anwar
Sumber : detik.com

Comments
Loading...