Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Lima OPD Kudus Ini Tak Ikut Penyetaraan Jabatan

Lima OPD di Kudus Ini Tak Ikut Penyetaraan Jabatan
Pengambilan sumpah jabatan pejabat fungsional Pemkab Kudus, Jumat (31/12/2021). (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kudus ini tak ikut penyetaraan jabatan eselon III dan IV.

Lima OPD tersebut, yakni Kantor Kecamatan, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), serta Dinas Perhubungan (Dishub). Kemudian, Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Karena sesuai dengan aturan PermenpanRB diatur demikian, satu eselon III yang beralih status ke pratama madya dan akan menjadi koordinator juga baru satu di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP),” kata Plt Kepala BKPP Kudus Tulus Triyatmika, Jumat (31/12/2021).

Baca juga: Jabatan Eselon III dan IV di Kudus Mulai Disetarakan

Secara tugas dan fungsi sendiri, baik kabid kasie, maupun coordinator dan subkoordinator sebenarnya sama saja. Hanya memang ada sejumlah keuntungan dengan adanya penyetaraan jabatan ini.

Untuk subkoordinator atau fungsional muda, masa jabatannya adalah tetap sama yakni 58 tahun. Sementara koordinator atau fungsional madya masa jabatannya bertambah jadi 60 tahun.

“Di OPD-OPD kini tak ada yang namanya kasie, tugas dan kewajibannya sama, nanti akan ada penunjukan di masing-masing OPD kepada mereka sebagai subkoordinatornya,” pungkas Tulus.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kudus melaksanakan regulasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenpanRB) nomor 17 tahun 2021 tentang penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional.

Total, ada sebanyak 147 aparatur sipil negara (ASN) yang ‘berganti baju’ dari struktural ke fungsional. Dengan rincian satu pejabat struktural eselon III atau Kabid dan 146 pejabat eselon IV atau kasie di Pemkab Kudus.

Untuk kabid, beralih fungsi sebagai koordinator atau fungsional madya. Kemudian Kasie beralih subkoordinator atau fungsional muda. Pengambilan sumpah jabatan baru tersebut pun sudah dilaksanakan Bupati Kudus dan ASN terkait, Jumat (31/12/2021).

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...