Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Swab Acak Digelar di Perbatasan Blora-Jatim

Petugas melakukan swab acak pengendara yang melintas di perbatasan Cepu-Jatim. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Untuk menekan lonjakan Covid-19 menjelang perayaan Tahun Baru 2022, petugas gabungan melakukan swab antigen kepada pengendara yang melintas di perbatasan Cepu, Blora-Jawa Timur (Jatim).

Pengecekan dilakukan kepada pengemudi dan penumpang yang akan masuk wilayah kecamatan Cepu melalui jalur Ketapang.

Kasat Lantas Polres Blora AKP Edi Sukamto menyampaikan, swab antigen ini dilakukan untuk memantau mobilitas masyarakat yang masuk dan keluar Kabupaten Blora. Selain itu, petugas juga melakukan pengecekan surat vaksin ataupun aplikasi PeduliLindungi bagi warga yang melintas.

“Swab antigen kita lakukan untuk antisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memonitor mobilitas warga yang melintas di perbatasan,” katanya, Kamis (30/12/2021).

Berdasarkan data di lapangan warga yang melintas didominasi oleh warga lokal, ataupun warga yang berdomisili disekitar perbatasan yang lalu lalang untuk aktivitas sehari-hari di perbatasan Kecamatan Cepu dan Kecamatan Padangan.

“Sampai saat ini situasi aman dan kondusif, untuk lonjakan pemudik tahun baru juga belum kelihatan. Namun demikian petugas diperbatasan selalu siap siaga,” ujarnya.

Baca: Suami di Blora Bayar Orang Rp 50 Juta untuk Culik Istrinya

Untuk diketahui dalam kegiatan Operasi Lilin Candi 2021, Polres Blora mendirikan lima pos, yaitu Pos Pelayanan Terpadu di Perbatasan Ketapang Cepu, Pos Pelayanan Terpadu di Alun-Alun Blora, Pos Pengamanan Gereja Bethany Blora, Pos Pengamanan Gereja Katholik Santo Pius Blora dan Pos Pengamanan Gereja St Willibrodus di Kecamatan Cepu.

Selain kegiatan antisipasi di perbatasan, Polres Blora juga memberdayakan anggotanya terutama Bhabinkamtibmas untuk melakukan pendataan pemudik ataupun warga pendatang yang masuk Blora saat Natal dan Tahun Baru 2022. Dengan tujuan untuk mencegah munculnya gelombang tiga Covid-19.

“Warga yang baru datang sampai desa juga dilakukan pendataan sehingga bisa terlihat dari mana mereka datang,” pungkasnya.

 

Kontributor Blora
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...