Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Disdik Kudus Akan Pakai Dana Rp 34 Miliar untuk Beli Laptop Cromebook

Ilustrasi. (beritateknologi.com)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus akan membeli laptop Cromebook dengan jumlah yang cukup banyak. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 34 miliar.

Anggaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022 dari pemerintah pusat yang totalnya sebesar Rp 38 Miliar.

Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk menunjang fasilitas digitalisasi pendidikan, termasuk pembelian laptop chromebook.

Kabid Pendidikan Dasar pada Disdikpora Kabupaten Kudus M Zubaedi mengatakan, DAK 2022 nanti diprioritaskan untuk menunjang sarana dan prasarana digitalisasi pendidikan. Selain itu, anggaran tersebut juga untuk fisik pembangunan laboratorium sekolah.

“Dari Rp 38 miliar DAK 2022, Rp 34 miliar untuk pengadaan laptop chromebook. Sisanya pembangunan fisik untuk SD tiga sekolah dan SMP dua sekolah, seperti  laboratorium TIK, hingga perbaikan kelas,” katanya, Rabu (29/12/2021).

Baca: 1.302 Perempuan di Kudus jadi Janda di Tahun 2021

Sementara pengadaan sarana prasana digitaliisai pendidikan seperti laptop chromebook, sambung dia, akan dialokasikan untuk 294 SD di Kudus.

Ia menjelaskan, Chormebook sendiri seperti layaknya laptop. Hanya saja, menggunakan operating sistem Chrome OS, alias Chromebook.

“Aplikasi di dalamnya nanti terintegritas, seperti Google Meet, Gmail, Google Drive Google Suite, dan lainnya,” ucapnya.

Rencananya satu sekolahan akan mendapatkan alokasi sekitar 20 laptop chromebook. Pengadaan fasilitas digitalisasi itu juga untuk menunjang Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

“Satu sekolah nanti sekitar 20 laptop chromebook. Jadi ke depan bisa untuk menunjang pembelajaran digital seperti ANBK, karena selama ini masih ada SD yang belum memiliki fasilitas penunjang itu, dan selama ini mereka masih pinjam atau bergabung dengan sekolah lain,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...