Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ada yang Hamil Duluan, 270 Remaja di Kudus Minta Dispensasi Nikah

Ilustrasi. (Freepik)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah pengajuan dispensasi nikah dari kalangan remaja yang masuk ke Pengadilan Agama (PA) Kudus selama tahun 2021 cukup banyak. Jumlahnya mencapai 270 pengajuan.

Dari ratusan pengajuan dispensasi nikah itu, beberapa di anataranya dilatarbelakangi karena hamil duluan.

Panitera PA Kabupaten Kudus Muchammad Muchlis mengatakan, jumlah permohonan dispensasi nikah tahun ini angkanya sama dengan tahun kemarin. Ia juga mengakui jika beberapa di antaranya memang karena hamil duluan.

“Faktornya mengajukan dispensasi nikah memang rata-rata karena hamil duluan,” katanya, Rabu (29/12/2021).

Akses internet dan pergaulan bebas, sambung dia, memang menjadi salah satu hal yang memngaruhi pasangan muda-mudi yang hamil duluan dan mengajukan dispensasi nikah.

Padahal pengajuan dispensasi nikah dengan usia yang belum matang berpotensi perceraian dini.

“Mudahnya akses internet sekarang, dan mereka mengakses yang tidak-tidak juga mempengaruhi adanya hamil duluan. Padahal kalau usia belum matang, dan emosi belum bisa terkontrol itu bisa mengakibatkan perceraian,” jelasnya.

Baca: 1.302 Perempuan di Kudus jadi Janda di Tahun 2021

Tak hanya itu, dispensasi nikah diajukan lantaran aturan sekarang mengharuskan baik laki-laki atau perempuan sudah berusia 19 tahun.

Hal itu sesuai UU Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

“Kalau dulu perempuan boleh 16 tahun, tapi sekarang harus sama 19 tahun,” ucapnya.

Pihaknya mengimbau kepada para remaja agar bisa menggunakan akses internet dan memanfaatkannya dengan hal yang positif. Orang tua juga diminta untuk selalu mengawasi putra-putrinya agar tak terjerumus dalam pergaulan bebas.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...