Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Grobogan Digeber

Petugas dari BIN sedang melakukan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun di Aula Kantor Disdik Grobogan. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Grobogan digebar. Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah, juga turun tangan untuk membantu, Senin (27/12/2021).

Kegiatan vaksinasi ini dilangsungkan di aula kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Grobogan.

Sebelumnya, Binda Jateng sudah menyelenggarakan kegiatan vaksinasi di sejumlah tempat di Grobogan. Antara lain di Desa Sumberejosari, Kecamatan Karangrayung dan Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh.

Selain di balai desa, vaksinasi juga dilakukan secara door to door pada masyarakat. Kemudian, vaksinasi untuk para pelajar dan santri yang pelaksanaannya ditempatkan di SMPN 1 Kradenan dan SMPN 2 Kradenan.

Kabinda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto mengungkapkan, selain di Grobogan, vaksinasi anak 6-11 tahun itu juga digelar di Kota Semarang, Kabupaten Boyolali, Banyumas, Purworejo, Wonosobo, Brebes, Tegal dan Grobogan dengan target 9.500 dosis vaksin.

“Untuk memaksimalkan capaian maka dilakukan penyisiran peserta vaksin dengan door to door. Kemudian, ditambah dengan adanya izin penggunaan vaksin untuk anak, maka sejak 14 desember 2021 telah dilaksanakan vaksinasi untuk anak 6-11 tahun,” jelasnya.

Vaksinasi anak dilakukan dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka pelajar SD dan SMP.

Baca: Mengenal Tuku Umur dalam Pernikahan Anak di Grobogan

Terkait masuknya varian omicron di Indonesia, Sondi meminta masyarakat tidak panik dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta segera melakukan vaksin. Pasalnya, vaksinasi telah terbukti mengurangi gejala berat dari penderita covid sebelumnya.

“Selama liburan Natal dan Tahun Baru 2022 masyarakat juga diimbau tidak melakukan perjalanan jarak jauh dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Grobogan Amin Hidayat menambahkan, sasaran vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun itu jumlahnya mencapai 130 ribu orang. Dengan jumlah sasaran sebanyak ini maka pihaknya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk menuntaskan program vaksinasi pada anak tersebut.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...