Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO JATENG

750 Keluarga di Jateng Terima Bantuan Instalasi Gratis

Seorang petugas sedang melakukan sambungan baru, belum lama ini. (PLN Kudus)

MURIANEWS, Semarang – Sebanyak 750 keluarga kurang mampu di lima kabupaten di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yakni Brebes, Banjarnegara, Banyumas, Kebumen, dan Pemalang dipastikan bisa menikmati aliran listrik.

Hal itu setelah Pemprov Jateng bersama PT PLN (Persero) memberikan program penyambungan dan pemasangan instalasi listrik gratis melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Perinciannya, masing-masing 150 persil di Kabupaten Pemalang, Brebes, dan Kebumen. Kemudian, 145 persil di Kabupaten Banjarnegara dan 155 persil di Kabupaten Banyumas.

“Alhamdulillah PLN memberikan bantuan dari sisi penerangan. Sehingga, menangani kemiskinan dari sisi kemiskinan itu bisa diselesaikan. Ada 750 sambungan di mana 711 (sambungan) sudah terpasang, dan dari APBD kita juga sudah bantu 698 (sambungan). Kita kombinasikan agar lebih cepat,” katanya dalam siaran pers.

Sementara untuk penanganan kemiskinan ekstrem di lima daerah itu, Ganjar mengatakan sudah berjalan baik. Pihaknya optimistis, dengan kekuatan lokal dan gotong royong, hal itu bisa diselesaikan dengan cepat.

“Secara reguler kita selesaikan di 2022. Tapi untuk program bantuan top up dari pemerintah sudah 90 persen disalurkan. Untuk yang lain, seperti rumah tidak layak huni, jambanisasi, listrik, air dan lainnya, kita selesaikan gotong royong,” pungkasnya.

Sementara itu, GM PLN unit induk distribusi Jateng DIY, Irwansyah mengatakan, pihaknya akan menyuport penuh penanganan kemiskinan ekstrem di Jateng dari sektor penerangan. Untuk tahun ini, ada 750 rumah tangga yang menjadi target pemasangan listrik gratis.

“Sementara untuk tahun depan, kita akan kembali bantu pemasangan untuk 2.500 rumah tangga. Selain itu, akan ada bantuan-bantuan program lain yang akan kita integrasikan dengan pemerintah daerah,” katanya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...