Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mulai Hari Ini, Wisatawan Luar Kota Diputar Balik di Kudus

Petugas Dishub memutar balik busa wisata dari luar kota di Perempatan RS Mardi Rahayu Kudus, Sabtu (25/12/2021). (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mulai memberlakukan kebijak putar balik kendaraan luar kota yang ingin berwisata di Kudus per Sabtu (25/12/2021) hari ini. Pemutar balikan kendaraan juga akan berlangsung hingga Minggu (26/12/2021).

Kebijakan ini juga akan kembali diberlakukan pada  Sabtu (01/01/2022) dan Minggu (02/01/2022) mendatang.

Tercatat, ada empat titik yang akan dijaga petugas agar wisatawan luar kota tak masuk ke objek wisata di Kudus.

Empat lokasi tersebut yakni perempatan dekat RS Mardi Rahayu, perempatan Jalan Lingkar Jetak, dan perempatan Jalan Lingkar Ngembal.

Kepala Bidang Lalulintas  dan Angkutan Jalan Raya pada Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus, Adji Setiawan menyatakan, setiap pos nanti akan berisikan dua orang petugas Dishub, Satpol PP, serta personel Polres Kudus.

“Penjagaan akan dibagi ke dalam tiga sif. Sif pertama dimulai pukul 07.00 15 WIB tadi,” katanya.

Baca: Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Kudus Pakai Novavax

Fokus utama pemutar balikan kendaraan ini, kata dia, adalah armada bus maupun elf dari luar kota.

“Dengan  ini kami harapkan nanti tak terjadi penumpukan dan kerumunan di lokasi wisata. Agar tak terjadi ledakan kasus Covid-19,” pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Kudus sendiri, melakukan pengetatan pada sektor pariwisata pada libur Natal dan Tahun Baru 2022 ini. Dinas Perhubungan pun menyiagakan personel di sejumlah ruas jalan menuju objek wisata di Kota Kretek.

Baca: Tiga Gereja di Kudus jadi Prioritas Pengamanan saat Natal

Seperti Perempatan Panjang, perbatasan Kudus-Pati, serta ruas jalan lainnya yang berpotensi dilewati rombongan wisatawan luar daerah.

“Akan kami lakukan pembatasan utamanya pada kendaraan-kendaraan berpelat luar daerah, akan kami periksa kelengkapan perjalanannya dan maksud tujuannya untuk apa, kalau wisata ya setop,” kata Bupati Kudus HM Hartopo beberapa waktu lalu.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...