Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Ceceran Data Peserta Vaksinasi di Jepara Juga Ditemukan di Tempat Ini

Bupati Jepara Dian Kristiandi memeriksa data-data peserta vaksinasi Covid-19 yang tercecer. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Temuan data-data pribadi peserta vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Jepara ternyata tidak hanya di satu tempat. Sementara ini, ada dua lokasi ditemukannya data-data pribadi itu.

Sebelumnya, MURIANEWS menemukan puluhan data pribadi peserta vaksinasi di bawah gamelan yang ada di serambi depan Pendapa RA Kartini, Kamis (23/12/2021).

Namun, dari pengakuan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, dokter Eko Cahyo Puspeno, pihaknya justru menemukan data-data pribadi di Pendapa Ratu Kalinyamat atau rumah dinas wakil bupati.

“Yang di pendapa alit (Pendapa Ratu Kalinyamat, red) ada satu plastik. Tapi itu sampah sisa-sisa skrining peserta vaksinasi Covid-19,” terang Eko, Jumat (24/12/2021).

Eko mengaku menemukan data-data itu di dekat gamelan yang berada di Pendapa Ratu Kalinyamat. Mendapati itu, Eko langsung mengambil dan mengamankannya.

Selama ini, pihaknya mengaku sudah mengamankan data-data pribadi peserta vaksinasi Covid-19.

Baca: Data Peserta Vaksinasi Masih Tercecer, Bupati Jepara Ngamuk

Pihaknya juga mengatakan bahwa setiap selesai pelaksanaan vaksinasi, semua sampah medik maupun lainnya selalu dibawa dan diamankan oleh petugas kesehatan.

“Sehabis pelayanan, kita (tenaga kesehatan, red) pasti, baik itu sisa vaksin, logistik, juga pencatatan dan pelaporan, termasuk mungkin formulir skrining itu kita bawa semuanya, termasuk limbah-limbahnya. Jadi tidak ada yang tersisa pun pada saat pelayanan,” kata Eko.

Baca: Loh! Puluhan Data Pribadi Peserta Vaksinasi Covid-19 Tercecer di Pendapa Jepara

Terkait dengan ceceran data tersebut, ia menyebu ada kelalaian atau kekeliruan informasi pada tenaga kesehatan yang bertugas.

Eko mengungkapkan, selama ini data-data peserta vaksin Covid-19 selalu diamankan pada tempat tertentu. Data-data yang ditempatkan di kantor DKK itu dianggap Eko sudah sangat aman.

“Ke depan kami akan lebih hati-hati lagi. Harapannya tidak ada lagi kejadian seperti ini lagi,” pungkas Eko.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

 

Comments
Loading...