Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tiga Gereja di Kudus jadi Prioritas Pengamanan saat Natal

Salah satu gereja di Kudus yang akan menjadi prioritas pengamanan saat Natal. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Tiga gereja di Kabupaten Kudus akan menjadi prioritas pengamanan saat Natal 2021. Gereja tersebut yakni Gereja Katolik Santo Yohanes Evangelista, Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) Rayon I, dan GKMI Rayon II.

Polres Kudus mengerahkan 250 personel untuk mengamankan jalanya Natal bersama ratusan personel gabungan dari TNI, Pemkab, dan Organisasi Masyarakat.

Kabag Ops Polres Kudus Kompol Catur Kusuma Adhi mengatakan, adanya pengamanan prioritas di tiga gereja tersebut, bukan berarti akan mengabaikan pengamanan di gereja lain. Di Kudus sendiri,  total ada 36 gereja dan lima tempat ibadah yang menyelenggarakan ibadah Natal.

“Tetap kami masih melakukan pengamanan di seluruh gereja. Tapi untuk gereja yang menjadi pengamanan prioritas akan diberi kekuatan personel pengamanan yang lebih, akan ada gabungan personel Polri, TNI, ormas dan dari pihak gereja,” katanya, Kamis (23/12/2021).

Baca: Operasi Lilin Candi di Kudus, Ini yang jadi Perhatian Petugas Gabungan

Ia menjelaskan, ada sejumlah ancaman yang harus diwaspadai saat perayaan ibadah Natal. Seperti kemungkinan tindak pidana terorisme, gangguan kamtibmas, pelanggaran protokol kesehatan, hingga potensi terjadiya bencana saat ada curah hujan yang tinggi.

“Besok pagi kami juga lakukan sterilisasi gereja sebelum dilakukan ibadah dan akan kami lakukan pengawasan serta pengamanan ketat saat prosesi ibadah berlangsung,” ucapnya.

Diketahui, Dua Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan juga sudah mulai didirikan di dua titik di Kudus. Pos pengamanan terdapat di depan Pendapa Kabupaten Kudus atau Simpang Tujuh Kudus. Sedangkan Pos Pelayanan ada di sebelah Terminal Induk Kudus.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...