Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Loh! Puluhan Data Pribadi Peserta Vaksinasi Covid-19 Tercecer di Pendapa Jepara

Tumpukan data pribadi tercecer di Pendapa Kabupaten Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – MURIANEWS tak sengaja menemukan data-data pribadi milik peserta vaksinasi Covid-19. Ada 87 bandel data pribadi yang ditinggal begitu saja di serambi depan Pendapa RA Kartini Jepara, Kamis (23/12/2021).

Data-data pribadi tersebut diletakkan di bawah meja yang di atasnya terdapat gamelan. Tumpukan data tersebut berada di pojok tempat di mana seperangkat gamelan diletakkan.

Data-data itu sepertinya sudah lama menumpuk di tempat tersebut. Buktinya, lembaran-lembaran kertas sudah berdebu dan warna putihnya mulai kusam.

Tumpukan data yang berserak tersebut terdiri dari kartu vaksinasi Covid-19, Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan lembaran skrining yang biasa diberikan kepada peserta sebelum disuntik.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Mudrikatun, mengaku tidak tahu bahwa terdapat puluhan data peserta vaksinasi itu tercecer di Pendapa RA Kartini.

Bahkan, pihaknya baru tahu setelah MURIANEWS meminta konfirmasi kepada dirinya.

“Berarti itu keri ora dibuang (ketinggalan tidak dibuang, red). Nanti coba saya suruh cek dan ambil nanti,” kata Mudrikatun saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Mudrikatun mengira bahwa data-data tersebut merupakan data pribadi milik peserta vaksinasi Covid-19 di halaman kantor Sekertariat Daerah (Setda) Jepara.

Baca: Data Peserta Vaksinasi di Jepara Tercecer, Disdukcapil: Bahaya, Teledor Itu!

Diketahui, di halaman tersebut memang sering digunakan untuk vaksinasi Covid-19 massal. Biasanya, vaksinasi digelar selama tiga hari dalam sepekan.

Di lokasi itu, peserta yang datang tidak hanya dari wilayah Jepara Kota. Melainkan dari berbagai kecamatan di seluruh Jepara.

Itu terbukti dari banyaknya alamat yang tertera pada tumpukan data tersebut. MURIANEWS mendapati data penduduk dari Kecamatan Batealit, Kecamatan Tahunan dan kecamatan-kecamatan lainnya.

Baca: Di Grobogan Ganjar Temukan Biang Sengkarut Data Vaksin Hingga Membuat Droping Telat

Namun, vaksinasi di halaman Setda Jepara itu sudah berpidah sekitar satu bulan ke Pendapa Ratu Kalinyamat atau rumah dinas wakil bupati.

Terkait pemindahan itu, Mudrikatun beralasan bahwa musim hujan sudah turun dan peserta dikhawatirkan kehujanan ketika masih di halaman.

“Mungkit daftar atau gimana, terus belum bisa disuntik atau gimana, itu mungkin. Tapi coba itu tak lihate, barange (data pribadi peserta vaksinasi, red). Anak buah saya nanti cek ke situ,” jelas Mudrikatun.

Mudrikatun memahami betul bahwa tercecernya data pribadi tersebut sangat bahaya jika dibiarkan begitu saja.

Sebab, data pribadi yang harus dilindungi itu sangat berbahaya bila disalahgunakan orang yang tidak bertanggungjawab.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

 

Comments
Loading...