Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

482 Personel Dikerahkan Amankan Nataru di Jepara

Bupati Jepara menyematkan tanda Operasi Lilin Candi 2021. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Polres Jepara sudah menyusun strategi mengamankan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Bahkan, sebanyak 482 personel gabungan siap diterjunkan untuk mengamankan jalannya ritual keagamaan dan pergantian tahun itu.

Kapolres Jepara AKPB Warsono menyebut, personel yang disiapkan dari Polri sebanyak 197 orang. Di belakangnya, ada 50 personel cadangan. Pengamanan juga ditambah dengan 235 personel dari berbagai instansi terkait.

“Kami juga berkolaborasi dengan instansi terkait. Mengingat situasi juga masih masa pandemi,” kata Warsono, usai apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2021 di Mapolres Jepara, Kamis (23/12/2021).

Baca: Istimewa, Segini Harga Patung Yesus dan Bunda Maria Buatan Jepara

Untuk menjaga ketertiban dan keamanan, Warsono juga sudah mendirikan tiga pos pengamanan dan satu pos pelayanan. Selain itu, pihaknya juga mendirikan pos di sejumlah tempat wisata dan gereja.

“Yang kita perhatikan secara khusus itu pengamanan di gereja dan objek wisata. Yang penting, kita masih dalam masa pandemi, tentunya masyarakat dalam berkegiatan harus mematuhi protokol kesehatan,” jelas Warsono.

Apel gelar pasukan itu bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan.

Sementara itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi, menyampaikan perayaan Nataru sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersuka cita bersama dengan keluarga serta merayakan pergantian tahun di berbagai lokasi.

Hal ini tentunya akan meningkatkan mobilitas dan aktivitas masyarakat, sehingga berpotensi menimbulkan kerawanan kamtibmas.

“Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin-2021, kita tingkatkan sinergi Polri dengan lnstansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,” ujar Andi.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...