Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kepala Puskesmas Tegaskan Petugas Tak Wisata saat 6 Desa di Brebes Batal Vaksin

Papan pelayanan Puskesmas Tonjong Brebes terpampang jelas di Brebes. (Foto: Imam Suripto/detikcom)

MURIANEWS, Brebes – Kepala Puskesmas Tonjong Sri Mulyani akhirnya buka suara terkait dugaan petugas vaksinator yang tengah berwisata ke Yogyakarta hingga membuat vaksinasi di enam desa di Kecamatan Tonjong batal digelar.

Ia pun menjelaskan, vaksinator yang merupakan petugas puskesmas Tonjong tersebut pergi ke Yogyakarta untuk peningkatan kapasitas kades kesehatan. Bahkan kegiatan tersebut sudah menjadi rutinitas.

Baca: Vaksinator Wisata ke Yogya, Warga 6 Desa Brebes Batal Vaksin

“Kegiatan itu bukan piknik (wisata) petugas, tapi kegiatan peningkatan kapasitas kader kesehatan, yang merupakan kegiatan rutin Puskesmas yang dilaksanakan kadang di dalam gedung, kadang di luar gedung,” katanya seperti dikutip Detik.com, Selasa (21/12/2021).

Sri menyebut petugas yang mendampingi kegiatan peningkatan kapasitas kader kesehatan itu hanya beberapa orang, dan petugas lainnya tetap berada di Puskesmas untuk kegiatan vaksinasi. Dia menyebut pada Senin (20/12/2021) kemarin, petugas vaksinasinya bertugas di SMP Negeri 2 Tonjong, di Puskesmas, Desa Tonjong, Desa Kalijurang, dan sweeping vaksin.

“Tidak semuanya ikut, ada petugas yang tetap bertugas. Mereka melalukan kegiatan seperti vaksinasi bahkan hari Senin juga ada jadwal vaksinasi malam di PMB (praktik mandiri bidan). Jadi tidak benar kalau dibilang hari ini tidak ada kegiatan vaksin,” terang dia.

Baca: ‘Terbuang’ dari Liga Konfrensi, Hotspurs Pertimbangkan Langkah Hukum

Sri juga meluruskan kabar soal petugasnya yang disebut piknik ke Yogyakarta. Dia menyebut petugasnya melakukan peningkatan kapasitas kader di Pantai Wisata Suwuk, Kabupaten Kebumen.

“Kemudian juga disebutkan tujuan kegiatan adalah ke Yogya, padahal ke Kebumen (Pantai Suwuk), berangkat pagi jam 06.00 WIB dan selesai jam 14.00 WIB kemudian pulang,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Camat Tonjong Cecep Aji Suganda mengungkap ada enam desa di wilayahnya yang dijadwalkan menggelar vaksinasi, yaitu Desa Linggapura, Desa Pepedan, Desa Purwodadi, Desa Negarayu, Desa Kalijurang dan Desa Galuhtimur. Namun, kegiatan itu mendadak batal karena tidak hadirnya petugas vaksinasi di lokasi.

“Rencana hari ini enam desa di wilayah Kecamatan Tonjong yang akan vaksin. Tapi dibatalkan karena petugas dari Puskesmas sedang wisata di Yogyakarta,” kata Cecep saat dimintai konfirmasi, Senin (20/12/2021).

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...