Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Selamatan Tanaman Padi Bunting Masih Lestari di Grobogan

Petani di Desa Mangunsari, Kecamatan Tegowanu, Grobogan, sedang makan bersama dalam acara tingkep tandur. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Tradisi selamatan bagi perempuan yang sedang bunting atau hamil tujuh bulan sudah lazim dilakukan. Namun, di Kabupaten Grobogan, tradisi selamatan ternyata juga digelar pada saat tanaman padi yang sedang bunting atau berbuah.

Tradisi ini dilakukan oleh petani di Desa Mangunsari, Kecamatan Tegowanu, Grobogan. Oleh petani setempat, tradisi ini dikenal dengan sebutan ‘tingkep tandur’.

“Tradisi ini sudah digelar sejak dulu dan dilestarikan secara turun temurun. Biasanya, ‘tingkep tandur’ digelar saat padi berumur 80-85 hari atau sekitar tiga minggu sebelum panen,” ungkap Sukono, Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan Kecamatan Gubug dan Tegowanu, Selasa (21/12/2021).

Saat melaksanakan tradisi ini, para petani dan keluarganya membawa beragam jenis makanan di areal persawahan.

Kemudian, mereka menggelar selamatan di tengah jalan pertanian yang dipimpin tokoh agama setempat. Selain itu, kepala desa beserta perangkatnya juga hadir dalam kesempatan ini.

Dalam selamatan ini, para petani memanjatkan doa bersama agar tanaman padi di areal sawah yang sudah mendekati panen bisa tumbuh subur dan tidak diserang hama. Luas lahan padi di Desa Mangunsari selama ini sekitar 176 hektare.

“Setelah doa, kemudian dilanjutkan dengan makan bersama di lokasi acara,” jelasnya.

Baca: Keciduk Mencuri, Emak-Emak di Grobogan Ngakunya Begini

Sukono menambahkan, sebelum acara berakhir, pihaknya juga sempat memberikan penyuluhan singkat kepada petani. Untuk saat ini, materi penyuluhan difokuskan pada program IP 400. Yakni, program tanam padi empat kali dalam setahun.

“Saat ini, adalah musim tanam padi ketiga. Habis ini, petani akan tanam padi lagi tetapi dengan jenis tanaman yang umurnya lebih pendek. Semoga untuk tanam padi keempat nanti bisa berhasil,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...