Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Generasi Milenial Diajak Perkuat Karakter Pancasila

Iptu Subkhan saat mengisi pendidikan karakter di SMA N 2 Bae Kudus. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Para kalangan milenial diajak untuk terus memperkuat karakter dan dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Hal ini diutarakan Kanit Keamanan Khusus Satintelkan Polres Kudus Iptu Subkhan saat menjadi pembicara dalam pendidikan karakter yang digelar di SMAN 2 Bae, Kudus.

”Di dalam masyarakat ada komunitas pemuda. Nah komunitas pemuda ini ada komunitas pelajar. Saat ini komunitas pelajar dituntut untuk menjadi Pelajar Pancasila yang berwawasan lingkungan dan berkarakter,” katanya.

Menurutnya, Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia yang sepanjang hayat memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Selain itu juga berwawasan lingkungan dan memiliki sikap peka dan respek terhadap perubahan atau situasi di sekitarnya.

Sementara itu, maksud dari berkarakter tidak lain yakni memiliki nilai-nilai budaya, religius, jujur, toleransi, disiplin, dan kerja keras. Selain itu juga kreatif, mandiri, demokratis, memiliki semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan juga menghargai prestasi.

“Harus bersahabat atau komunikatif juga. Kemudian cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab,” sambungnya.

Baca: Polisi Selidiki Kasus Driver Taksi Online Perkosa Perawat

Dia menambahkan, untuk mengetahui potensi diri yang ada dalam dirinya, setiap pelajar dituntut untuk menunjukkan dan mewujudkan performance character dan karakter moral yang baik. Sehingga mewujudkan kepribadian yang baik.

Dari kebiasaan itulah akan terwujud karakter baik yang akan menjadi stigma positif. Sehingga melekat pada diri setiap pelajar Indonesia.

“Tunjukkan karakter baik pelajar Indonesia sehingga mampu menghadapi tantangan pelajar di era millennial. Salah satunya menguasai internet. Selain itu jauhi narkoba,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...