Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Galeri Investasi IAIN Kudus Dapat Penghargaan dari BEI

Ketua KSPM dan Pengurus KSPM Divisi RND melihat pergerakan saham di Galeri Investasi IAIN Kudus. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Galeri Investasi (GI) yang dikelola oleh kelompok studi pasar modal (KSPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus mendapat peringkat lll tingkat nasional dalam ajang lomba IDX GI-a-thon 2021 yang digelar Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kompetisi itu bertujuan untuk meningkatkan edukasi kepada masyarakat tentang saham dan menggaet investor baru.

Periode lomba tersebut berlangsung April hingga November 2021 lalu. Dari bulan April tersebut, GI IAIN Kudus terus melakukan edukasi seperti mengadakan seminar pasar modal dan melaksanakan program seputar investasi di kampus IAIN Kudus.

Ketua KSPM IAIN Kudus Zawaid Shofin Ni’am mengatakan, kompetisi itu diikuti oleh satu tim dengan jumlah 26 pengurus KSPM.

Dengan jumlah peserta 177 KSPM di seluruh kampus Indonesia. Dari tantangan lomba tersebut, dia mengaku jumlah investor yang terdaftar di GI IAIN Kudus sudah mencapai 150 orang.

“Minat mahasiswa serta masyarakat di Kudus terhadap edukasi keuangan sangatlah bagus,” katanya, Jumat (17/12/2021).

Lebih lanjut, dengan aktifnya kegiatan yang dilaksanakan GI IAIN Kudus tentang edukasi saham kepada masyarakat, minat calon investor di Kudus dirasa ikut meningkat. Serta dapat mengoptimalkan platform Regional Development Information System (RDIS).

“RDIS itu sebuah sistem pengelolaan kegiatan, komunikasi dengan anggota bursa dan BEI, monitoring, serta pelaporan yang terintegrasi,” ungkapnya.

Pengurus KSPM Divisi Research and Development KSPM Muhyiddin mengatakan, ada empat kriteria yang menjadi penilaian kompetisi IDX GI-a-thon 2021. Di antaranya jumlah SID baru dan aktif, keaktifan kegiatan edukasi dan sosialisasi, serta login AKSes sebagai salah satu wujud perlindungan bagi investor.

Dia berharap, GI IAIN Kudus dapat lebih aktif lagi mengadakan kegiatan edukasi saham kepada masyarakat dan mahasiswa di wilayah Kudus. Terlebih minat investasi saham bagi pemula dirasa sudah banyak.

“Karena di sini minatnya juga lumayan banyak. Di Kudus sendiri sudah ada komunitas investor saham pemula (ISP),” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...