Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun, Seperti Apa KIPInya?

Tenaga kesehatan (nakes) menyiapkan vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Vaksinasi Covid-19 bagi anak 6-11 tahun dimulai, Selasa (14/12/2021) hari ini. Dalam vaksinasi untuk anak usia ini divokuskan menggunakan vaksin jenis Sinovac.

Lalu, seperti apa Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) bagi anak 6-11 tahun?

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sekaligus Kepala Puskesmas Mejobo Kudus Dony Wicaksana mengatakan jika pihak Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) mengatakan KIPI vaksinasi anak 6-11 masih normal. Menurutnya, segi keamanan vaksin dirasa aman.

“KIPI tetap ada tetapi masih tergolong lumrah. Dan vaksinasi bagi anak ini juga sudah safety. Pihak Kemenkes sudah memastikan aman dan BPOM juga sudah memberikan rekomendasi untuk dapat dilakukan,” katanya, Selasa (14/12/2021).

Baca: Kudus Belum Bisa Vaksinasi Anak 6-11 Tahun, Terganjal Ini

Menurutnya saat ini vaksin yang dapat digunakan untuk anak 6-11 tahun yakni Sinovac. Pemberian vaksinnya dua dosis dengan rentang waktu suntikan pertama ke kedua dalam kurun 28 hari.

Berdasar Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang pelaksanaan vaksinasi anak dapat dilakukan di suatu daerah jika cakupan vaksinasinya telah mencapai 70 persen lebih secara umum. Selain itu juga mencapai 60 persen lebih untuk kategori lansia.

Baca: Ini Syarat Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Saat ini wilayah di eks-Karesidenan Pati belum dapat melaksanakan vaksinasi bagi anak 6-11 tahun. Seperti Kudus, Pati, Rembang, Blora, dan Jepara.

“Harapannya dengan adanya vaksinasi bagi anak dapat membentuk kekebalan kelompok. Sehingga pencegahan Covid-19 semakin meluas,” harapnya.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...