Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Dia Bapak Handphone Dunia, Martin Cooper

Ini Dia Bapak Handphone Dunia, Martin Cooper
Martin Cooper, Penemu HP (dok. CBR)

MURIANEWS, Kudus – Kini, handphone atau telepon genggam menjadi perangkat yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Perkembangan tekonologi membuat perangkat ini cukup vital bagi kehidupan.

Dengan perkembangan teknologi itu, siapapun akan mendapatkan kemudahan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Namun tak banyak yang mengetahui siapa penemu Handphone atau HP ini.

Dialah Martin Marty Cooper atau Martin Cooper. Vetean asal Amerika Serikat ini menemukan HP sekitar 1972-1973. Di tahun-tahun itu, Cooper dan timnya merancang dan memproduksi ponsel pertama.

Martin Cooper lahir pada 26 Desember 1928 di Chicago, Illinois, AS. Cooper lulus dari Illinois Institute of Technology (IIT) di Chicago pada tahun 1950 dengan gelar sarjana di bidang teknik elektro.

Baca juga: Cari Informasi Sekolah Kini Cukup Pakai Handphone

Setelah lulus, ia bergabung dengan Angkatan Laut AS dan bertugas selama Perang Korea. Selanjutnya, ia bergabung dengan Teletype Corporation, sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan peralatan komunikasi di Amerika Serikat.

Pada 1954, Cooper bergabung dengan Motorola serta mengerjakan berbagai proyek komunikasi nirkabel, layaknya pembuatan lampu lalu lintas dan radio genggam polisi pertama. Karirnya mengalami perkembangan sampai ia menjabat sebagai wakil presiden dan direktur penelitian dan pengembangan untuk perusahaan perusahaannya dari pada tahun 1978 hingga 1983.

Sembari bekerja, ia meneruskan pendidikan S2 untuk mendapat gelar megister pada tahun 1957 di Illinois Institute of Technology. Setelahnya, Cooper mulai bertanggung jawab dalam atas pengembangan teknologi di perusahaannya.

Hingga pada tahun 1970-an, seorang chief kepala engineer insinyur Motorola, John F Mitchell menunjuknya sebagai penanggung jawab untuk berada di divisi telepon mobil (Carphone). Kemudian Mitchell dan Cooper mulai memikirkan perangkat komunikasi ringan dan kecil sebagai alat komunikasi portabel.

Pada tahun 1972, keduanya menghabiskan  90 hari untuk menciptakan prototipe pertama. Prototipe ini menjadi cikal bakal penemuan ponsel pertama.

Perkembangan prototipe ini terus berlanjut dan pada 17 Oktober 1973, Cooper dan Mitchell mengajukan paten atas penemuan itu. Paten itu didaftarkan dengan nomor 3906166 serta  disetujui pada tahun 1975 atas nama mereka.

Kemudian, produk pertama mereka diberi nama DynaTac (Dynamic Adaptive Total Area Coverage) yang berdimensi tinggi 23 cm dan berat 1,1 kg. Ukuran DynaTac jauh lebih bongsor bila dibandingkan dengan smarthphone saat ini.

DynaTac hanya memiliki fitur untuk berbicara selama 35 menit sebelum baterainya habis. Penemuan ini kabarnya muncul setelah Cooper menonton  film Star Trek saat adegan salah seorang tokohnya menggunakan alat komunikasi, namun kabar itu ditepis olehnya.

Dengan temuannya itu, nama Cooper dicatat sebagai “Bapak Telepon Seluler”. Kemudian  ia memutuskan untuk meninggalkan Motorola dan mendirikan perusahaan sendiri bernama ArrayCom.

Melansir dari Kompas.com, Cooper kembali menerima penghargaan inovasi teknologi komunikasi dari Wharton Infosys Business Transformation Award pada tahun 1995. Seiring berjalannya waktu, telepon genggam mengalami berbagai perubahan dengan beragam teknologi yang disematkan di dalamnya.

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Kompas.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.