Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Hingga Februari 2022 Kudus Rentan Diterjang Bencana

BMKG Peringatkan Potensi Banjir Bandang
Ilustrasi: Banjir bandang Wonosoco, Kudus. (MURIANEWS/Yuda auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Kabupaten Kudus rentan diterjang bencana alam hingga Februari 2022 mendatang. Pasalnya, cuaca ekstrem akibat La Lina diperkirakan akan berlangsung hingga Februari.

Kepala Seksi pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Wiyoto mengatakan, beberapa wilayah di Kudus masih menjadi zona merah bencana. Seperti di Desa Glagahwaru yang sering terjadi puting beliung.

“Puting beliung terjadi karena memang faktor alam. Kemudian di Desa Wonosoco tahun ini sudah dua kali banjir karena Pegunungan Kendeng yang gundul,” katanya, Sabtu (11/12/2021).

Baca; Sebulan, Desa di Kudus Ini Dua Kali Diterjang Banjir Bandang

Selain puting beliung dan banjir, Wiyoto menyebut beberapa desa di Kudus juga rawan bencana tanah longsor. Seperti di Desa Rahtawu, Desa Kambangan, Desa Colo, dan Desa Japan.

“Sering terjadi longsor karena tanahnya gembur dan desa-desa tersebut termasuk desa yang lokasinya tinggi,” ujarnya.

Baca: Tak Gengsi, Polisi di Kudus Ini Bantu Dorong Mobil Mogok

Pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap waspada sedini mungkin. Sehingga ketika terjadi bencana, hal-hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir.

“Kami mencoba untuk terus melakukan mitigasi bencana. Kami imbau juga kepada warga untuk tetap berhati-hati dan waspada,” imbuhnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...