Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Museum Situs Purbakala Patiayam Bakal Diperluas

Museum Patiayam Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Bangunan Musem Purbakala Patiayam, I Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus bakal diperluas pada tahun 2022 mendatang.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menganggarkan Rp 2 Miliar dari APBD 2022 untuk memperluas bangunan yang menyimpan ribuan fragmen fosil purbakala itu.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus Mutrikah mengatakan, Museum Patiayam akan lebih dikembangkan kembali. Sehingga bisa menjadi lokasi penyimpanan koleksi purbakala yang layak jual.

“Selain tempat rekreasi, Museum Situs Purbakala Patiayam juga bisa dijadikan sebagai tempat edukasi. Pak Bupati memang ingin bagaimana museum lebih berkembang,” katanya, Jumat (10/12/2021).

Baca: Tetap Gersang, Persoalan Ini Bikin Penghijauan Patiayam Tak Maksimal

Ia menjelaskan, dana Rp 2 miliar tersebut untuk menambah ruangan di museum. Salah satunya perluasan ruangan yang digunakan untuk memamerrkan fosil purbakala agar bisa lebih banyak yang bisa dilihat wisatawan.

“Jadi fosil-fosil yang ada di tempat display nanti lebih banyak dan ruang pamernya lebih representatif. Yang sudah terawat dan baru ditemukan juga nanti akan lebih tertata rapi dan punya tempat sendiri-sendiri,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan kapan museum tersebut mulai dibangun.

Baca: Kamping di Patiayam Sukobubuk Pati Bisa Seasyik Ini

Pihaknya juga berharap dengan diperluasnya museum tersebut bisa meningkatkan wisatawan  yang berkunjung. Sehingga, otomatis akan menjadikan perekonomian masyarakat sekitar bisa lebih bergeliat.

Diketahui, di Museum Situs Purbakala Patiayam tersebut menyimpan hampir sepuluh ribuan fragmen fosil purbakala berbagai jenis. Antara lain, gajah purba, kerbau atau sapi purba, kuda nil, hiu, macan hingga kerang purba.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.