Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

INFO JATIM

Ngeselin! Lokasi Erupsi Semeru Dibuat Begini

Ngeselin! Lokasi Erupsi Semeru Dibuat Begini
Selain untuk melihat-lihat, warga memanfaatkan suasana bencana erupsi Semeru ini untuk berfoto-foto. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc

MURIANEWS, Lumajang – Sejumlah warga datangi lokasi terdampak erupsi Semeru Lumajang, Jawa Timur. Bukannya membantu, mereka malah asyik selfie atau swafoto.

Para pengunjung itu mengaku penasaran dan ingin menyaksikan kejadian bencana tersebut. Mereka pun mengabadikan kedatangannya dengan ponsel pribadinya.

Salah satunya adalah Linda. Ia rela datang ke lokasi bencana di Kampung Renteng, Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro dari rumahnya di Kecamatan Randuagung, Lumajang. Atau sekitar satu setengah jam dari lokasi.

“Pengin lihat aja gimana ini kejadiannya,” kata dia, dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (9/12/2021).

Linda selfie di depan salah satu titik lokasi bencana lantaran akses masuk ke area timbunan material dibatasi oleh petugas dan warga sekitar.

“Enggak tahu kenapa, padahal pengin lihat ke tengah, foto-foto juga,” ucapnya.

Baca juga: Hujan, Pencarian Korban Erupsi Semeru Sempat Dihentikan

Sementara itu petugas di lokasi sengaja membatasi warga yang masuk. Petugas menyebut banyak masyarakat yang datang ke tempat kejadian untuk sekadar berselfie.

“Sengaja dibatasi, karena masih proses evakuasi sampai sekarang. Daerah ini juga masih rawan (erupsi susulan),” kata seorang aparat kepolisian yang berjaga.

Warga sekitar yang berjaga bahkan sempat emosi kepada para masyarakat yang berkunjung. Mereka kesal lantaran rumahnya dan lokasi tempat jasad keluarganya dijadikan bahan demi hiburan.

“Jangan ada yang masuk. Saya warga sini. Keluarga saya meninggal di sini, rumah saya hancur,” kata seorang warga dengan nada tinggi.

Kampung Renteng di Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang merupakan salah satu daerah terdampak erupsi Gunung Semeru. Di sini ratusan rumah terkubur material lahar, pasir dan batu. Ketebalannya bahkan sampai mencapai 3-4 meter.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...