Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Nelayan Jepara Tak Bisa Melaut, Harga Ikan Melambung

Aktivitas TPI Ujung Batu Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Nelayan di Kabupaten Jepara masih belum berani melaut, sebab cuaca masih tidak menentu dan ombak masih tinggi. Akibatnya, harga ikan menjadi melambung tinggi.

Di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujung Batu Jepara misalnya, harga ikan laut bahkan naik sekitar 50 persen. Khoirudin, salah satu penjual ikan mengatakan, pasokan ikan dalam beberapa hari terakhir berkurang.

“Misalya ikan ini (kakap, red), sekarang Rp 60 ribu, sebelumnya Rp 40 ribu. Ada juga yang biasanya Rp 50 ribu sekarang jadi Rp 100 ribu, tergantung ikannya. Kalau yang besar naiknya bisa sampai Rp 30 ribu. Kalo yang kecil, paling cuma Rp 5 ribu,” kata Khoirudin, Kamis (9/12/2021).

Sementara itu, Basir, yang juga penjual ikan, mengungkapkan bahwa tidak hanya ikan saja yang harganya naik. Tetapi juga hasil tangkapan laut lainnya. Terutama cumi-cumi.

“Iya naiknya sekitar segitu (50 persen). Tapi yang paling mahal itu cumi. Tadinya cuma Rp 40 ribu sekarang bisa sampai Rp 90 ribu,” ujar Basir.

Baca: Ombak Laut Tinggi, Nelayan Jepara Takut Melaut

Terpisah, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Jepara, Wasiyanto, tidak menapik kenaikan harga ikan di TPI yang terjadi akibat cuaca buruk. Meski demikian, ia menyebut kenaikan harga masih masih di ambang batas wajar.

“Memang karena dipengaruhi gelombang tinggi. Tapi tidak terlalu tinggi naiknya, masih cukup normal. Soalnya masih bisa kita cover dengan budidaya ikan,” jelas Wasiyanto.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...