Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Penerima Bantuan Kambing di Kudus Diajari Cara Merawat

Pelatihan untuk penerima bantuan kambing di Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kudus memberikan pelatihan kepada 76 orang penerima hibah bantuan Kambing. Pelatihan itu digelar di Taman Krida, Desa Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kudus.

Hibah ini bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) yang alokasi anggarannya sebesar Rp 2,3 miliar. Masing-masing penerima hibah akan mendapat hewan ternak, kandang, dan pakan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus, Sunardi mengatakan pelatihan tersebut untuk membekali penerima hibah bantuan kambing. Tujuannya agar peternak yang mendapatkan bantuan kambing itu bisa tahu cara mengurus kambing.

“Intinya untuk memberikan pelatihan ternak. Seperti cara mengelolanya dan sebagainya,” katanya, Selasa (7/12/2021).

Sunardi menyampaikan pelatihan peternak kambing itu di antaranya memberikan cara merawat kambing agar memenguntungkan.

Sementara itu, Kasi Usaha Sarana Prasarana Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Dwi Listiani mengatakan pihaknya memberikan beberapa materi. Mulai dari motivasi agrobisnis dan budidaya ternak.

“Setelah mereka paham tentang dasar-dasarnya baru kami arahkan ke on farm-nya, pengelolaannya, pemeliharaanya, reproduksinya, dan lainnya,” katanya, Selasa (7/12/2021).

Di pelatihan itu, pihaknya mengundang beberapa narasumber. Salah satunya dari Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya.

“Harapannya bisa menambah wawasan dan pengetahuan calon penerima bantuan ternak kambing,” harapnya.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

 

Comments
Loading...