Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Jangan Dibuang! Biji Pepaya Ternyata Bisa Cegah Radang Usus Hingga Kanker

Pepaya. (Freepik)

MURIANEWS, Kudus – Di Indonesia, tak sedikit yang menyukai buah pepaya karena rasanya yang manis, segar dan kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun tak sedikit yang mengetahui biji pepaya juga mempunyai banyak khasiat, berikut penjelasannya.

Umumnya masyarakat hanya mengonsumsi daging buah pepaya dan membuang bijinya karena rasanya pahit dan dianggap tidak dapat dikonsumsi.

Seperti manfaat daging buahnya, biji pepaya juga melancarkan pencernaan dan mencegah penyakit radang usus, mencegah luka usus, hingga menurunkan gejala wasir.

Dalam biji pepaya mengandung berbagai mikronutrien esensial yang kaya akan polifenol dan flavonoid. Kedua senyawa fitokimia alami pada tanaman ini berperan sebagai antioksidan.

Antioksidan dalam biji pepaya yang tinggi juga berguna untuk menjaga kesehatannya. Adanya antioksidan dapat menghambat kerusakan sel-sel pada ginjal.

Mengutip dari International Journal of Biomedical Science, antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Dengan tubuh yang terbebas dari radikal bebas, dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis dan mencegah stres oksidatif.

Tak hanya itu, melansir dari hellosehat.com, biji pepaya mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, dan termasuk asam foleat. Kandungan serat dalam biji pepaya yang tinggi dapat bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah dan mengontrol kolesterol dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi biji pepaya dapat menurunkan risiko berkembangnya sel-sel kanker.

Dalam penelitian Nutrion and Cancer pada 2014, membuktikan biji pepaya bersifat antikanker karena nutrisi dan antioksidan yang melimpah di dalamnya.

Piji buah pepaya dapat dikonsumsi dengan meminum ekstraknya. Untuk memudahkan, dapat juga dikonsumsi dengan cara biji pepaya turut ditelan saat mengonsumsi daging buahnya.

Namun walaupun memiliki segudan nutrisi dan kaya akan manfaat, biji pepaya memiliki senyawa benzyl isothiocyanate.

Meski ini bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker, tapi jika mengonsumsi berlebihan dapat merusak struktur DNA. Rusaknya struktur DNA dapat mengganggu kerja sel sehat dalam tubuh, hingga menurunkan kualitas sperma.

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Supriyadi
Sumber: Hellosehat.com

Comments
Loading...