Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Omicron Sampai Saudi, Komisi VIII DPR Minta Tinjau Ulang Keberangkatan Umrah

Omicron Sampai Saudi, Komisi VIII DPR Minta Tinjau Ulang Keberangkatan Umrah
Ilustrasi ibadah haji. (Twitter/@hsharifain)

MURIANEWS, Jakarta – Kemunculan Omicron di Arab Saudi memberi kekhawatiran di tengah kesiapan keberangkatan jemaah umrah Indonesia. Komisi VIII DPR minta rencana itu ditinjau ulang.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily meminta Kementerian Agama RI dan Kementerian Kesehatan RI untuk mempertimbangkan rencana keberangkatan jemaah umroh. Kemunculan Omicron di Arab Saudi menjadi pertimbangan.

Ace menyarankan agar keberangkatan jemaah umroh yang direncanakan pada Desember 2021 itu ditunda apabila varian Omicron semakin menyebar. Menurutnya, keselamatan umat menjadi prioritas.

Melansir Detikcom, Ace menekankan Indonesia jangan menganggap enteng varian Omicron. Sekali lagi, dia menyebut keselamatan jemaah harus jadi prioritas.

“Jika membahayakan bagi keselamatan jemaah, sebaiknya kita menunda kembali rencana penyelenggaraan umroh ini,” ujar dia.

Baca juga: Menag: Omicron Patut Diwaspadai

“Jangan anggap enteng varian baru ini. Kita harus tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan jamaah umroh,” lanjutnya.

Politikus Golkar itu mengatakan bahwa saat ini pemerintah masih menjalin komunikasi dengan pihak otoritas Arab Saudi terkait penyelenggaraan umroh bagi WNI. Dia menekankan protokol kesehatan dan vaksinasi menjadi fokus penting dalam penanganan COVID-19.

“Hingga saat ini, Kementerian Agama RI dan Kementerian Kesehatan RI masih melakukan pembicaraan dengan pihak otoritas Arab Saudi soal penyelenggaraan umroh bagi warga negara Indonesia,” kata Ace.

“Hal yang terpenting sesungguhnya adalah protokol kesehatan, termasuk soal vaksinasi dan juga soal perkembangan baru virus COVID-19 varian Omicron,” ujar dia.

Baca juga: Varian Omicron Terdeteksi di Arab Saudi

Sebelumnya diberitakan, Varian baru Covid19 Omicron terdeteksi di Arab Saudi. Kabar ini tentu akan memengaruhi kesiapan pemberangkatan Ibadah Umrah Indonesia.

Kemunculan itu diumumkan sebuah sumber resmi di Kementerian Kesehatan Pemerintah Arab Saudi. Di sebutkan, varian itu ikut terbawa oleh seorang warga yang tiba dari sebuah negara di Afrika Utara.

Mengutip dari kantor berita Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA), sumber itu menambahkan bahwa penyelidikan epidemiologi telah dimulai dan kasus ini dikirim ke karantina, di mana prosedur kesehatan terakreditasi diikuti.

Munculnya varian baru Covid19, Omicron sudah sepatutnya diwaspadai. Namun, kekhawatiran itu jangan sampai berlebihan. Itu diungkapkan Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Penyataan itu disampaikan menanggapi pertanyaan anggota Komisi VIII DPR saat RDP Selasa (30/11/2021), terkait kekhawatiran akan varian Omicron jika ibadah umroh dilaksanakan pada Desember ini.

“Kita perlu waspada tapi jangan terlalu khawatir berlebihan,” ujar Menag Yaqut dikutip MURIANEWS dari YouTube DPR RI, Kamis (2/12/2021).

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Detikcom

Comments
Loading...