Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PMI Klaten Kirim Bantuan Logistik untuk Korban Erupsi Semeru

Personel PMI Klaten mengirimkan bantuan logistik untuk korban erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/12/2021).(Istimewa/PMI Klaten)

MURIANEWS, Klaten – Erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur membuat banyak pihak tergerak. Salah satunya, Palang Merah Indonesia (PMI) Klaten. Mereka mengirimkan bantuan bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Bantuan tersebut dimungkinkan akan dilakukan beberapa tahap. Untuk tahap pertama bantuan yang dikirim meliputi hygiene kit 90 paket, tarpaulin 50 lembar, masker 4.000 lembar, beras, sayuran segar, dan lain-lain.

Baca: Pemprov Jateng Siap Bantu Tangani Bencana Semeru

Kepala PMI Klaten, Purwanto Anggono Cipto, mengatakan pengiriman bantuan logistik ini sekaligus untuk asesmen ataupun pendataan kebutuhan sukarelawan di daerah terdampak erupsi Semeru.

Rencanananya, hasil asesmen ini akan dijadikan acuang PMI Klaten dengan PMI se-Jawa Tengah terkait pengiriman sukarelawan ke Lumajang.

“Hari ini ada asesmen kebutuhan. Kami koordinasikan minimal se-Soloraya. Nanti ditentukan kebutuhan di sana apa yang masih perlu dibantu dari hasil asesmen,” jelas Purwanto seperti dikutip Solopos.com, Senin (6/12/2021).

Baca: Erupsi Semeru Kembali Terjadi

Purwanto memastikan potensi sukarelawan di PMI Klaten siap untuk dikirimkan membantu penanganan darurat di Lumajang.

Dia mengatakan ada sekitar 400 sukarelawan di PMI. Dari jumlah itu, ada satu peleton sukarelawan yang belum lama ini dilatih dengan berbagai kecakapan seperti evakuasi hingga pengelolaan dapur umum.

“Yang pasti sukarelawan kami sangat siap. Kami ada Satgana, KSR, termasuk di perguruan tinggi dan lain-lain,” kata dia.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...