Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Hati-Hati! Gelombang Tinggi Terjang Perairan Jepara 4 Hari ke Depan

Nelayan menerjang ombak tinggi untuk membawa hasil tangkapan laut di TPI Ujung Batu Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya gelombang tinggi di perarian Jepara. Bahkan, gelombang tinggi itu masih akan berlangsung dalam empat hari mendatang.

Prakirawan BMKG Semarang, Doni Prastio mengatakan, Senin (6/12/2021) hari ini akan ada peluang gelombang tinggi. Gelombang setinggi 1,25 meter sampai 2,5 meter berpotensi terjadi di perairan Jepara dan Karimunjawa.

BMKG Semarang juga memprediksi masih ada gelombang tinggi sampai tanggal 9 Desember 2021.

“Tinggi gelombang 1,25-2,5 meter (status sedang, red) berpeluang terjadi di perairan Jepara dan Karimunjawa,” kata Doni.

Pihaknya mengungkapkan, pada rentan waktu tersebut, umumnya cuaca berawan dan berpeluang hujan. Sedangkan, angin bertiup dari arah barat daya menuju barat laut dengan kecepatan berkisar 2-25 knots.

Baca: 500 Lebih Wisatawan Tertahan di Karimunjawa

Untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di laut, BMKG menyarankan agar pengguna lalu lintas laut lebih berhati-hati. BMKG juga memberikan peringatan kewaspadaan setiap jenis kapal.

Perahu nelayan harus waspada karena kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 meter. Untuk kapal tongkang, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 meter.

Baca; Waspada! Gelombang Tinggi Hingga 2,5 Meter di Perairan Pati-Rembang

Kapal Ferry akan menghadapi kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter. Kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar akan menghadapi kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 meter.

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

 

Comments
Loading...